Comscore Tracker

Jalan Ponorogo-Pacitan Ambles, Pemprov Janji Tuntas dalam 2 Minggu

Jalan ambles sedalam 10 meter

Surabaya, IDN Times - Jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan ambles. Akibatnya, jalan tersebut tak bisa dilewati dan butuh perbaikan serius. Untuk itu, Pemerintah Provinsi akan memperbaiki secepatnya.

 

1. Jalan bisa dilalui dengan sistem buka

Jalan Ponorogo-Pacitan Ambles, Pemprov Janji Tuntas dalam 2 MingguPersonel TNI dan Polri sedang mengatur arus lalu lintas di titik jalan yang amblas di jalur Ponorogo - Pacitan. Dok.IDN Times/Istimewa

 

Kepala UPT PJJ Madiun Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim, Marijatoel Kittijah mengatakan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatur lalu lintas di jalan tersebut dengan sistem buka tutup. Mengingat, jalan tersebut cukup ramai dilalui oleh kendaraan. Padahal kondisi jalan yang ambles bisa membahayakan pengendara yang lewat.

"Dinas Bina Marga Jatim telah berkoordinasi dengan aparat terkait seperti kepolisian untuk mengatur arus lalu lintas yang melintasi ruas jalan tersebut," ujar Marijatoel melalui siaran persnya, Sabtu (22/2).

2. Perbaikan jalan ditarget 2

Jalan Ponorogo-Pacitan Ambles, Pemprov Janji Tuntas dalam 2 MingguJalan utama Ponorogo - Pacitan yang masuk wilayah Kecamatan Slahung, Ponorogo amblas, Kamis (20/2). Dok. IDN Times/Istimewa

 

Untuk penanganan sementara, Marijatoel akan melakukan penutupan rongga ambles di jalan tersebut menggunakan pasir. Penutupan ini berfungsi sebagai normalisasi jalan. Nantinya ruas yang ambles akan ditimbun sirtu, ditelford dan lapen. Sementara untuk memperkuat juga akan ditambahkan sheet pile.

"Kami menargetkan pengerjaan tersebut akan berlangsung hingga dua minggu ke depan, sehingga normalisasi segera bisa dilakukan," imbuhnya.

3. Ambles karena hujan

Jalan Ponorogo-Pacitan Ambles, Pemprov Janji Tuntas dalam 2 MingguIlustrasi (IDN Times/Hana Adi Perdana)

 

Marijatoel menjelaskan, jalan ambles tersebut tepatnya berada di KM 226 Jatim atau KM 32 Ponorogo masuk Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Hal ini dipicu hujan deras, mulai Rabu sore hingga Kamis dini hari. Akibatnya, tanah badan jalan provinsi itu tak mampu menahan curah air hingga ambles dan longsor.

"Karena hujannya cukup lama juga, hingga menyebabkan Jalan Raya Ponorogo - Pacitan KM 226 Jatim / KM 32 Ponorogo mengalami ambles," tuturnya.

Akibat kejadian tersebut, jalan provinsi itu ambles sepanjang 6 meter, lebar 3 meter, dengan kedalaman 10 meter. Meski cukup dalam, tapi tetap bisa dilalui kendaraan meski dengan sistem buka tutup. Namun untuk kendaraan muatan berat disarankan agar mencari jalan alternatif lain.

"Karena jalan sangat berbahaya untuk dilalui kendaraan berat. Terutama kendaraan yang memiliki muatan 8 ton akan dialihkan lewat jalur Wonogiri," pungkasnya.

Baca Juga: Jalur Amblas Ponorogo-Pacitan, Truk Diminta Berputar Arah

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya