Comscore Tracker

Gempa di Malang Dirasakan Kuat di Daerah-daerah Ini

Beberapa daerah di Jatim turut merasakan gempa

Surabaya, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 membuat sebagian daerah di Jatim berguncang. Beberapa di antaranya merasakan getaran sedang dan sebagian lainnya mengalami guncangan hebat.

1. Gempa dirasakan kuat di Kabupaten dan Kota Malang

Gempa di Malang Dirasakan Kuat di Daerah-daerah IniIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalaksa BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi menjelaskan bahwa gempa yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB itu dirasakan dengan skala IV-V MMI di Kota Malang dan Kabupaten Malang

"Skala IV-V berarti getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti," ujar Yanuar dalam laporan yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Gempa di Malang Bikin Warga Berhamburan, Rumah Rusak

2. Gempa juga dirasakan cukup kuat di beberapa daerah lain

Gempa di Malang Dirasakan Kuat di Daerah-daerah IniIlustrasi lingkungan (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain Kota dan Kabupaten Malang, getaran juga dirasakan di sebagian daerah di Jatim yaitu Kabupaten Blitar, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Sumenep, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Pacitan, Kota Batu, dan Tuban. Di daerah-daerah tersebut gempa dirasakan dengan skala III MMI.

"Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," lanjutnya.

3. Gempa berpusat di laut selatan Kabupaten Malang

Gempa di Malang Dirasakan Kuat di Daerah-daerah IniIlustrasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Gempa bumi tersebut berpusat di laut dengan jarak 96 km arah selatan Kabupaten Malang, Provinsi Jatim, dengan kedalaman 80 km. Awalnya gempa disebut berkekuatan magnitudo 6,7. Setelah pemutakhiran, diketahui getaran gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,1.

"Saat ini BPBD Provinsi Jatim berkoordinasi dengan 38 Kabupaten Kota untuk perkembangan terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Gempa di Malang Bikin Warga Berhamburan, Rumah Rusak

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya