Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Jatim Resmi Dilantik di Surabaya

Jangan menumpuk uang

Surabaya, IDN Times - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) telah hadir di 8 provinsi Indonesia. Terbaru adalah FJPI Jawa Timur yang dilantik pada Jumat (8/2) di sela-sela acara Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Dialog Media "Meliput Pemilu dengan Perspektif Perempuan".

"Pesannya FJPI tidak pernah menumpuk uang," Ketua Umum FJPI Indonesia, Uni Lubis.

Baca Juga: Dewan Pers: Tabloid Indonesia Barokah Bukan Produk Jurnalistik 

1. FJPI Jatim dilantik di Surabaya

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Jatim Resmi Dilantik di SurabayaIDN Times/Edwin Fajerial

Setelah satu bulan proses pembentukan, FJPI Jatim akhirnya dilantik Pelantikan ini diwakili oleh enam pengurus FJPI Jatim yang diketuai oleh Tri Ambarwatie, jurnalis MNC TV. Saat pelantikan, Uni Lubis berpesan jika forum ini berfokus meningkatkan profesionalisme wartawan, khususnya perempuan. 

"Jangan sampai ada aliran dana APBN atau APBD, kecuali dari Dewan Pers, yang digunakan untuk program. Forum ini juga berfokus untuk meningkatkan profesionalisme wartawan khususnya perempuan termasuk melalui uji kompetensi. Selain itu tetap ceria dan kompak selalu," ujarnya.

2. Berharap cita-cita FJPI dapat terlaksana di Jatim

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Jatim Resmi Dilantik di SurabayaIDN Times/Fitria Madia

Seusai pelantikan, Ambarwatie berharap dengan diresmikannya FJPTI Jatim bisa merangkul jurnalis perempuan di Jawa Timur. Selain itu, diharapkan bisa melakukan pemberdayaan jurnalis perempuan. 

"Tentunya bagaimana para jurnalis perempuan menyuarakan isu-isu perempuan," tuturnya.

3. Segera menjalankan program kerja

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Jatim Resmi Dilantik di SurabayaIDN Times/Edwin Fajerial

Selain itu, Ambarwatie berharap dapat segera menjalankan program-program bagi para jurnalis perempuan bersama 13 anggota lainnya. Ada beberapa program yang telah disiapkan, salah satunya adalah menyelenggarakan pelatihan jurnalistik perempuan

"Kami juga berharap lakukan pendampingan kasus-kasus perempuan, karena kami merupakan kelompok jurnalis, tentunya kami berupaya agar perempuan bisa berkiprah lebih maju melalui pemberitaan di media massa," harapnya.

4. Terdapat juga peluncuran buku perdana FJPI

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Jatim Resmi Dilantik di SurabayaIDN Times/Edwin Fajerial

Selain pelantikan FJPI Jatim, pada dialog tersebut juga diluncurkan buku perdana dari FJPI yang berjudul "Jurnalis Perempuan Meliput Indonesia : 50 Kisah di Balik Berita". Dalam buku tersebut, 50 jurnalis perempuan dari seluruh Indonesia menuangkan pengalamannya selama meliput dalam prespektif perempuan.

Baca Juga: Kemenkumham Akui Tak Detail Periksa Remisi Pembunuh Jurnalis Bali

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya