Dumbo, Gajah Sumatera Langka Meninggal di Kebun Binatang Surabaya

Penyebab kematian Dumbo menunggu hasil autopsi

Surabaya, IDN Times - Seekor anakan Gajah Sumatera di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Dumbo meninggal dunia. Gajah Sumatera ini merupakan salah satu spesies hewan yang populasinya terus menurun. KBS sempat berhasil melaksanakan breeding hewan langka dan dilindungi di Indonesia pada 2019 silam. Namun, kini Dumbo telah tiada.

1. Gajah Dumbo meninggal

Dumbo, Gajah Sumatera Langka Meninggal di Kebun Binatang SurabayaGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Humas PDTS KBS, Agus Supangkat membenarkan bahwa Dumbo, anak dari Lembang dan Doa telah tiada. Namun, Agus tidak menjelaskan lebih lanjut kapan dan bagaimana Dumbo menghembuskan nafas terakhirnya.

"Iya betul (meninggal)," ujarnya Sabtu (18/12/2021).

2. Penyebab meninggalnya Dumbo masih menunggu hasil autopsi

Dumbo, Gajah Sumatera Langka Meninggal di Kebun Binatang SurabayaGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia IDN Times/Fitria Madia

Saat ini pihak PDTS KBS masih enggan memberikan konfirmasi lebih lanjut mengenai kematian Dumbo. Agus mengatakan bahwa jasad Dumbo sedang diautopsi untuk mengetahui apa penyebab kematian gajah berusia 2,5 tahun itu.

"Masih diautopsi. Nanti informasinya kami jelaskan setelah autopsi sudah keluar," terangnya.

Baca Juga: Ini 6 Pesan Baik yang Bisa Dipetik dari Film Dumbo, Si Gajah Terbang

3. Dumbo gajah langka yang terinspirasi dari kisah klasik

Dumbo, Gajah Sumatera Langka Meninggal di Kebun Binatang Surabaya© 2018 Disney Enterprises, Inc. All Rights Reserved

Dumbo merupakan Gajah Sumatera yang berhasil kembang biakkan oleh KBS. Kelahiran Dumbo menjadi kabar bahagia bagi warga Kota Surabaya kala itu pada Juli 2019. Bahkan, nama Dumbo merupakan pemberian khusus oleh Wali Kota Surabaya kala itu, Tri Rismaharini.

"Dumbo itu gajah kecil yang ditinggal mati bapak ibunya. Tapi karena dia pintar beradaptasi dia akhirnya disukai oleh orang sekelilingnya. Terus dia menjadi semacam tokoh, atau raja di lingkungannya. Kalau tidak salah, ya," ungkap Risma saat itu.

Dumbo memang merupakan nama seorang anak gajah dari kisah klasik Helen Aberson dan Harold Pearl di tahun 1939. Film berjudul sama juga diangkat ke layar lebar yang menayangkan gajah Dumbo sebagai penampil sirkus yang bisa terbang. Dalam film besutan Tim Burton, Dumbo digambarkan sebagai simbol keistimewaan dalam kekurangan.

Baca Juga: Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama Dumbo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya