10 Daerah Level 1, Begini Situasi COVID-19 Terkini di Jatim

Ketersediaan rumah sakit sudah melampaui standar WHO

Surabaya, IDN Times - Jumlah daerah di Jawa Timur yang memasuki level 1 sesuai asesmen situasi kondisi COVID-19 oleh Kementerian Kesehatan RI terus bertambah. Saat ini, 10 daerah berada di level 1 dan memperkuat  posisi Jatim sebagai provinsi dengan level 1 pertama di Indonesia.

1. Ada 10 daerah tergolong dalam level 1

10 Daerah Level 1, Begini Situasi COVID-19 Terkini di JatimKetua Umum Pengurus Pusat IKA Unair, Khofifah Indar Parawansa. Dok. Istimewa.

Daerah yang sudah masuk dalam level 1 di Jatim saat ini sudah berjumlah 10 kabupaten/kota yaitu Situbondo, Sidoarjo, Pasuruan, Pamekasan, Madiun, Lamongan, Kota Surabaya, Gresik, Bondowoso, Banyuwangi. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun berharap kondisi ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

"Alhamdulillah, Jawa Timur menjadi satu-satunya provinsi yang pertama masuk pada level 1 sesuai assesment yang dilakukan Kemenkes RI. Saya ucapkan terimakaaih  kepada seluruh masyarakat Jawa Timur yang telah berjuang keras untuk patuh prokes selama PPKM ini. Capaian  ini adalah hasil kerja keras dari semua pihak dan ini bentuk ke gotong royongan dan kekompakan  kita semua," ujarnya, Sabtu (18/9/2021).

2. Kondisi COVID-19 di Jatim membaik

10 Daerah Level 1, Begini Situasi COVID-19 Terkini di JatimKetua Tim Gugus Tugas Kuratif Penanganan COVID-19 Jatim dr. Joni Wahyuhadi. Dok.IDN Times/Istimewa

Ketua Gugus Tugas Kuratif Satgas COVID-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi menjelaskan bahwa level 1 ini diraih berdarkan situasi terkini tingkat penularan dan situasi rumah sakit rujukan COVID-19. Kini, rumah sakit di Jatim sudah cukup lega berkat jumlah pasien yang menurun drastis.
 
"Saat ini, berbagai macam indikator penanganan COVID-19 di Jatim sudah sesuai standar pengendalian pandemi oleh WHO. Saat ini, BOR OCVID-19 per minggunya adalah 14,21 persen. Angka ini sudah sangat jauh dibawah standar WHO di mana standar minimalnya adalah 60 persen, Selain itu, saat ini angka positivity rate kita sudah sangat memadai yakni 1,65 persen. Angka ini juga jauh dibawah standar WHO yaitu 5 persen," paparnya.

3. Sebanyak 37 daerah di Jatim sudah zona kuning

10 Daerah Level 1, Begini Situasi COVID-19 Terkini di JatimIlustrasi COVID-19. (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, saat ini 37 Kabupaten Kota di Jawa Timur sudah tergolong sebagai zona kuning. Antrean pasien di IGD COVID-19 di Jawa Timur pun nol. Angka ini turun drastis dibandingkan awal bulan Juli lalu dimana antrian IGD overload bahkan pernah mencapai 835 pasien per hari. BOR isolasi dan ICU di semua kabupaten dan kota di Jatim juga telah berada di bawah angka 29 persen. 
 
"Tetap patuhi protokol kesehatan dengan ketat. Lakukan vaksinasi bagi yang belum melaksanakan dan tetap menjaga 5 M," pesannya.

Baca Juga: Khofifah Sebut 6 Daerah Jatim Level 1, Tapi di Inmendagri Nihil

4. Tinggal 2 daerah di level 3

10 Daerah Level 1, Begini Situasi COVID-19 Terkini di JatimIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Di samping itu, masih ada daerah yang berada di level 2 yaitu Tulungagung, Tuban, Trenggalek, Sumenep, Sampang, Sumenep, Probolinggo, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Magetan, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Batu, Kediri, Jombang, Jember, Bojonegoro dan Blitar. Sementara masih ada 2 daerah yang berada di level 3 yaitu Kota Blitar dan Bangkalan.

"Ini pasti bisa berhasil kalau masyarakat mendukung. Tentunya kami dari jajaran Polda Jatim siap mendukung Ibu Gubernur dan Bapak Pangdam di dalam bersinergi untuk mempertahankan meningkatkan serta menjaga level satu di jajaran Jatim," imbuh Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta.

Baca Juga: Jatim Level 1 Menurut Asesmen Kemenkes, 154 Wisata Sudah Beroperasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya