Comscore Tracker

Diduga Tertular Bibinya, Anak Perawat di Probolinggo Positif COVID-19

Saat ini si anak sudah mendapatkan perawatan medis

Probolinggo, IDN Times - Seorang anak berusia 7 tahun asal Desa Sukomulyo, Kecamatan Prajakan, Kabupaten Probolinggo dinyatakan positif COVID-19. Anak tersebut hidup di tengah keluarga perawat. Ibu dan bibinya merupakan perawat. Dia diduga tertular virus corona dari sang bibi.

1. Bibinya terlebih dahulu terkonfimasi positif COVID-19

Diduga Tertular Bibinya, Anak Perawat di Probolinggo Positif COVID-19Ilustrasi virus corona/Dok. IDN Times

Melansir Antara, Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto menjelaskan, ibu dan bibi dari anak tersebut berdinas di dua tempat berbeda.

"Anak tersebut merupakan keponakan dari seorang perawat yang ada di Puskesmas Kraksaan dan ibunya juga perawat di Puskesmas Bago, Kecamatan Besuk," jelas Anang, Minggu (31/5).

Dari hasil tracing sementara, diduga kuat anak tersebut tertular dari sang bibi. Sebab, bibinya lebih dulu terkonfirmasi positif COVID-19. Meski demikian, Gugus Tugas setempat tetap akan mendalaminya lagi lebih lanjut.

"Yang bersangkutan mengikuti tantenya yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif COVID-19, namun kami akan perdalam lagi barangkali ada tambahan-tambahan kontak erat dengan siapa saja," imbuh Anang.

2. Diisolasi, saat ini kondisinya sehat

Diduga Tertular Bibinya, Anak Perawat di Probolinggo Positif COVID-19Ilustrasi. IDN Times/Wira Sanjiwani

Anang melanjutkan, penularan COVID-19 pada anak tersebut terjadi secara horizontal. Sehingga, tidak jelas dia masuk ke dalam klaster apa. Namun lantaran si anak sering kontak erat dengan ibu dan bibinya yang merupakan perawat, maka Gugus Tugas Kabupaten Probolinggo mengategorikan penularan sebagai klaster tenaga kesehatan.

Saat ini anak tersebut sudah mendapat perawatan yang baik di rumah sakit. Dia menjalani isolasi dan kondisinya sehat.

"Alhamdulillah untuk kondisinya sehat dan saat ini yang bersangkutan sudah dilakukan isolasi di rumah sehat Kabupaten Probolinggo," katanya.

Baca Juga: Nyaru Kaesang dan AHY, Penjual HP di Probolinggo Diringkus Polda Jatim

3. Data kasus COVID-19 di Kabupaten Probolinggo

Diduga Tertular Bibinya, Anak Perawat di Probolinggo Positif COVID-19(IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga Minggu siang, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mencatat ada 90 kasus positif COVID-19 di sana. Rinciannya 33 orang masih dirawat, 55 orang sudah sembuh, dan 2 meninggal dunia.

Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 59 orang. Rinciannya 6 orang dalam pengawasan, 35 orang selesai diawasi, dan 18 orang meninggal dunia.

Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 467 orang dengan keterangan 56 orang dalam pemantauan, 406 orang selesai dipantau dan 5 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Anak Nakes yang Tangani COVID-19 Dapat Kuota Khusus di PPDB SMA/SMK

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya