Siswi Gantung Diri di Blitar, Ini Keterangan Pihak Sekolah

Korban dikenal baik dan tidak ada masalah di sekolah

Blitar, IDN Times - FVY (15), siswi kelas VII SMAN Srengat seharusnya tidak pergi ke sekolah hari ini. Karena memang tidak ada kegiatan belajar mengajar yang harus diikutinya. Pihak sekolah diketahui hanya sedang menggelar kegiatan peringatan Maulid Nabi. Kegiatan ini pun tidak diikuti oleh semua siswa. Setiap kelas hanya dipilih 10 siswa saja, FVY tidak termasuk.

1. Korban bukan termasuk siswa yang dipilih ikut kegiatan sekolah

Siswi Gantung Diri di Blitar, Ini Keterangan Pihak SekolahPolisi saat melakukan olah TKP di lokasi kejadian. IDN Times/ istimewa

Kepala SMAN Srengat, Sumino menerangkan korban bukan termasuk siswa yang dipilih oleh sekolah untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini dikarenakan korban merupakan non muslim. Bagi yang tidak terpilih berkegiatan, pihak sekolah meminta untuk tetap di rumah. "Kondisi sekolah memang sangat sepi karena tidak kegiatan belajar hari ini," ujarnya, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Siswi SMA di Blitar Tewas Gantung Diri di Depan Kelas

2. Kegiatan berlangsung di aula belakang

Siswi Gantung Diri di Blitar, Ini Keterangan Pihak SekolahIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Kegiatan peringatan Maulid Nabi ini berlangsung di ruang aula. Seluruh siswa yang dipilih telah datang ke sekolah pukul 07.00 WIB dan langsung menuju aula. Letak aula sendiri berada di bagian belakang sekolah, sehingga bagian depan sepi. Hanya ada beberapa guru yang sedang menunggu kedatangan mubaligh. "Siswa datang langsung absen di aula, jadi bagian depan sekolah sangat sepi," tuturnya.

3. Korban selama ini terlihat tidak ada masalah

Siswi Gantung Diri di Blitar, Ini Keterangan Pihak Sekolahilustrasi bunuh diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Sekira pukul 11.00 WIB, kegiatan peringatan Maulid Nabi ini telah selesai. Terdapat dua orang siswa yang hendak kembali ke kelas dan melihat korban tergantung di depan kelas. Sumino sendiri mengaku tidak menyangka akan tidakan nekat yang dilakukan oleh FVY. Menurutnya dalam keseharian, FVY tampak biasa saja seperti siswa lainnya. "Kami pihak sekolah ikut berbela sungkawa, kejadian ini di luar kehendak kami semua," pungkasnya.

4. Korban tewas gantung diri dengan dasi

Siswi Gantung Diri di Blitar, Ini Keterangan Pihak SekolahIlustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya FVY ditemukan tewas gantung diri di depan ruang kelas. Korban gantung diri dengan cara mengikatkan dasi sekolah ke papan nama kelas yang terpasang di atas pintu kelas. Polisi sendiri masih mendalami motif peristiwa naas tersebut. Jenazah korban dibawa ke rumah sakit, untuk mempermudah proses penyidikan.

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Polisi di Blitar Tewas Setelah Digigit Ular

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya