Hari Pertama Penyekatan di Kediri, 450 Kendaraan Harus Putar Balik

Terdapat 6 pos pengamanan dan penyekatan

Kediri, IDN Times - Ratusan kendaraan yang melintas pos penyekatan di wilayah Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, terpaksa harus putar balik. Dari hasil pengecekan petugas, kendaraan roda dua dan empat ini diduga memuat penumpang yang akan mudik. Mereka terpaksa tidak bisa melanjutkan perjalanannya dan harus balik arah. Berdasarkan pantauan terakhir, belum ada lonjakan peningkatan arus lalu lintas di wilayah tersebut. Diperkirakan lonjakan baru akan terjadi satu hari sebelum dan sesudah lebaran.

1. Fokus penyekatan di wilayah Kandangan

Hari Pertama Penyekatan di Kediri, 450 Kendaraan Harus Putar BalikPolisi memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan yang melintas. IDN Times/ istimewa

Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono usai meninjau pos penyekatan ini menuturkan terdapat 6 pos pengamanan dan penyekatan yang disiapkan. Untuk penyekatan, mereka akan fokus ke satu pos yang terletak di wilayah Kecamatan Kandangan. Pos ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang.

Selain itu, pos persimpangan Mengkreng juga menjadi atensi karena rawan terjadi kemacetan. "Kediri masuk wilayah aglomerasi IV bersama Nganjuk, Jombang, Tulungagung, Blitar dan Trenggalek," ujarnya, Kamis (06/5/2021).

2. Terindikasi mudik, ratusan kendataan putar balik

Hari Pertama Penyekatan di Kediri, 450 Kendaraan Harus Putar BalikPolisi memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan yang melintas. IDN Times/ istimewa

Hari pertama penyekatan ini terdapat 50 kendaraan dari arah Malang dan 400 kendaraan dari arah Kediri yang harus putar balik. Kendaraan tersebut di indikasi memuat penumpang yang hendak melakukan mudik.

Petugas memeriksa kelengkapan dokumen kendataan dan menanyakan tujuan perjalanan. Jika petugas melihat beberapa indikasi seperti jumlah barang bawaan yang banyak, maka kendaraan tersebut langsung diarahkan putar balik. " Kita memeriksa kendaraan terutama yang plat nya dari luar kota," jelasnya.

Baca Juga: 17 Titik Penyekatan di Surabaya, 411 Personel Pemkot Disiagakan

3. Polisi izinkan melintas pengemudi dengan keperluan darurat

Hari Pertama Penyekatan di Kediri, 450 Kendaraan Harus Putar BalikIlustrasi pos penyekatan. Dok. Humas Pemkot Malang

Kendaraan yang memuat penumpang dengan alasan pekerjaaan dan dilengkapi dengan surat izin keluar masuk diperbolehkan melintas. Selain itu, kendaraan pengangkut kebutuhan logistik serta keperluan berobat juga diizinkan untuk masuk wilayah. Belum ada peningkatan jumlah kendaraan yang melintas.

"Kita prediksi meningkatnya karena keperluan liburan, ini yang akan kita antisipasi juga," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Pertama Penyekatan, Beberapa Mobil Diminta Putar Balik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya