Puluhan Warga di Tulungagung Keracunan Usai Santap Nasi Goreng

Enam orang dirawat di Puskesmas dan klinik kesehatan

Tulungagung, IDN Times - Puluhan warga Desa Tiudan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung mengalami keracunan usai menyantap hidangan  saat menghadiri acara yasinan. Sebanyak enam warga mendapatkan perawatan di sejumlah klinik dan Puskesmas.

Mereka mengalami gejala  keracunan seperti mual dan diare, setelah mengkonsumsi hidangan nasi goreng. Polisi pun masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait peristiwa ini. 

1. Acara yasinan rutin digelar Kamis malam

Puluhan Warga di Tulungagung Keracunan Usai Santap Nasi GorengMushola yang jadi lokasi yasinan.IDN Times/ Bramanta

Kepala Puskesmas Tiudan, Mukhlis Tri Nugroho mengatakan acara rutinan yasinan ini digelar pada Kamis (22/09/2022) malam. Acara ini diikuti oleh sekitar 80 jemaah perempuan.

Setelah acara, mereka mendapatkan bingkisan makanan berupa nasi goreng, jajanan opak matahari, dan gambir. Makanan tersebut dibawa pulang oleh jemaah ke rumah. "Acaranya berlangsung di sebuah musala, secara rutin mereka menggelar yasinan di tempat tersebut, " ujarnya, Sabtu (24/09/2022). 

2. Mulai merasakan keracunan 4 jam setelah acara

Puluhan Warga di Tulungagung Keracunan Usai Santap Nasi GorengSalah satu korban keracunan.IDN Times/Bramanta

Setelah itu, petugas mulai menerima laporan adanya gejala keracunan yang terjadi. Korban pertama mengeluhkan mual dan muntah 4 jam setelah memakan nasi goreng ini. Setelah itu, jumlah korban terus bertambah.

Petugas kesehatan lalu melakukan pemeriksaan dan pendataan. Hasilnya, dari jumlah peserta yasinan, terdapat 64 orang yang memakan hidangan nasi goreng ini. Dari jumlah tersebut sebanyak 53 di antaranya menunjukkan gejala keracunan dan 11 lainnya dalam kondisi sehat. Mereka yang menunjukkan gejala keracunan ini enam di antaranya mendapat perawatan di Puskesmas dan klinik kesehatan. "Ada enam yang dirawat dan kondisinya berangsur membaik, " tuturnya. 

Baca Juga: Diduga Pakai Narkoba, Polisi di Tulungagung Ditahan

3. Polisi telah amankan barang bukti

Puluhan Warga di Tulungagung Keracunan Usai Santap Nasi GorengPolisi mengamankan sisa makanan.IDN Times/ Bramanta

Sementara itu, Kapolsek Gondang, AKP Randhy Irawan mengatakan bahwa sejumlah saksi telah diminta keterangan. Mereka juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa sisa nasi goreng dan jajanan. Nantinya makanan ini akan dikirim ke laboratorium untuk diteliti lebih lanjut. "Selanjutnya kasus ini yang menangani Satreskrim Polres Tulungagung, " pungkasnya. 

Baca Juga: Ikuti Tes Urine, Dua ASN di Tulungagung Sempat Dinyatakan Positif

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya