Comscore Tracker

Giliran Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang Diperiksa KPK

Kasus dugaan suap anggaran BK Provinsi Jatim

Tulungagung, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pengembangan terkait kasus dugaan suap pengalokasian anggaran bantuan keuangan Provinsi Jawa Timur periode 2014-2018. Mereka meminjam ruangan di lantai dua gedung Satrekrim Polres Tulungagung untuk keperluan penyidikan. Setelah sebelumnya sejumlah mantan pejabat Pemkab Tulungagung diperiksa, kini giliran Bupati Tulungagung Maryoro Birowo yang menjalani pemeriksaan.

1. Mulai diperiksa pukul 11.00 WIB

Giliran Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang Diperiksa KPKBupati Tulungagung, Maryoto Birowo usai diperiksa KPK. Dokumentasi Istimewa

Ditemui usai menjalani pemeriksaan, Maryoto tegaskan hanya mengikuti prosedur hukum yang berlaku. Maryoto mengaku mulai diminta keterangan sejak pukul 11.00 WIB, dan baru keluar ruangan sekitar pukul 13.30 WIB. “Kita ikuti saja prosedural yang ada dari penyidik,” ujarnya, Kamis (30/06/2022).

Baca Juga: Pinjam Ruangan Polres, KPK Periksa Mantan Pejabat di Tulungagung

2. Lupa jumlah pertanyaan dari KPK

Giliran Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang Diperiksa KPKBupati Tulungagung, Maryoto Birowo usai diperiksa KPK. Dokumentasi Istimewa

Maryoto mengaku tidak mengetahui siapa saja yang diperikaa oleh lembaga anti rasuah ini. Saat ditanya substansi pemeriksaan, Maryoto hanya menjelaskan terkait dengan kasus yang dialami oleh mantan Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Supriyono. Dalam pemeriksaan itu dirinya dicecar puluhan pertanyaan.

 "Jumlah pastinya lupa, kalau pertanyaanya seputar masalah kasus DPRD, " tuturnya. 

3. Sejak Senin lakukan pemeriksaan di Polres Tulungagung

Giliran Bupati Tulungagung Maryoto Birowo yang Diperiksa KPKMantan Sekda Tulungagung, Indra Fauzi sesaat sebelum masuk ruang Satreskrim Polres

KPK melakukan pemeriksaan maraton terhadap sejumlah saksi sejak Senin (27/6/22) lalu. Beberapa mantan pejabat di lingkup Pemkab Tulungagung telah diperiksa. Mereka adalah mantan Sekda Pemkab Tulungagung, Indra Fauzi, mantan Kepala BPKAD Tulungagunng, Hendrik Setiawan, mantan Kepala Bappeda periode  2016-2020 Suharto serta mantan Kepala Bappeda periode 2013-2016 Sudigdo Prasetyo.

Selain itu, KPK juga memeriksa mantan Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo di dalam Lapas klas 2b Tulungagung. Dalam rilis resmi KPK, mereka menyebutkan telah menetapkan tersangka dalam kasus tersebut. Namun KPK belum mengumumkan nama para tersangka ini.

Baca Juga: KPK Usut Dugaan Suap Bantuan Keuangan Tulungagung, Sudah Ada Tersangka

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya