Diduga Pakai Narkoba, Polisi di Tulungagung Ditahan

Polres setempat pun rutin menggelar tes urin

Tulungagung, IDN Times - Seorang anggota Polres Tulungagung diduga terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Polisi tersebut kini sudah ditahan dan akan segera menjalani persidangan. Untuk mencegah adanya anggota polisi yang ikut menyelahgunakan narkoba. Salah satunya dengan menggelar tes urine secara berkala.

1. Penahanan dilakukan di Mapolsek

Diduga Pakai Narkoba, Polisi di Tulungagung DitahanIlustrasi Pelaku Pidana (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolres Tulungagung, AKBP Eko Hartanto, membenarkan adanya anggota yang diduga menyalahgunakan narkoba. Ia kini ditahan di Polsek Tulungagung Kota. Penahanan dilakukan di Polsek Tulungagung Kota karena ruang tahanan di Polres Tulungagung sudah penuh.

"Untuk penyalahgunaan Narkoba sudah ada satu anggota yang kita tahan, kita tetap mengedepankan sisi kemanusiaan. Namun indikasi awal yang bersangkutan disangka melakukan tindak pidana," ujarnya, Senin (19/09/2022).

2. Rutin lakukan tes urine untuk seluruh anggota

Diduga Pakai Narkoba, Polisi di Tulungagung DitahanKapolres Tulungagung, AKBP Eko Hartanto. IDN Times/ dok Humas Polres Tulungagung

Eko menambahkan, perang terhadap penyalahgunaan Narkoba terus digencarkan salah satunya dengan melakukan test urine secara acak. Pihaknya memastikan, tes urine rutin dilakukan tidak hanya untuk anggota saja, amun juga untuk dirinya sendiri, Pejabat Utama (PJU) Polres Tulungagung dan seluruh anggota di Polsek jajaran.

"Rutin kita lakukan mas, tapi random dan tidak ada yang tahu targetnya, kadang di Polsek mana, kemudian sasarannya dipindah lagi ke mana gitu," imbuhnya.

Baca Juga: Warga Desa di Tulungagung Temukan Sumur dan Lumpang Kuno

3. Masyarakat diminta melapor jika ada anggota melanggar

Diduga Pakai Narkoba, Polisi di Tulungagung DitahanIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejumlah sanksi telah menunggu diberikan kepada anggota polisi tersebut. Sanksi tersebut terdiri dari sanksi disiplin, kode etik dan pidana. Eko juga meminta masyarakat ikut mengawasi perilaku anggotanya di lapangan. “Kalau ada anggota yang melanggar sudah ada ketentuannya. Tolong kalau masyarakat tahu masih ada di informasi ke kami,” pungkasnya.

Baca Juga: Kapolsek Sukodono dan Dua Anak Buahnya Akhirnya Dipecat dari Polri

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya