Promosikan Kekayaan Budaya, Banyuwangi Gelar Bazar Batik Ramadan

Busana Idul Fitri tahun ini coba pakai batik, yuk!

Banyuwangi, IDN Times – Pada Ramadan tahun ini, Banyuwangi menggelar bazar yang unik, yakni Bazar Batik. Di bazar ini, berbagai kain batik dijual dengan harga miring.

Dikatakan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ini sebagai bagian dari upaya mempromosikan batik Banyuwangi kepada masyarakat luas. Anas berharap agar Batik Banyuwangi bisa menjadi bagian dari busana Idul Fitri masyarakat.

"Batik ini kan sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, maka kami ingin agar batik lebih banyak dikenakan warga, termasuk saat perayaan Idul Fitri ini," kata Anas.

1. Sebagai ajang memfasilitasi para pengrajin batik menjual karyanya

Promosikan Kekayaan Budaya, Banyuwangi Gelar Bazar Batik RamadanIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Bazar batik yang baru pertama kali digelar ini juga untuk memfasilitasi para pengrajin batik menjual karyanya. Bazar ini digelar di halaman Galeri Batik Banyuwangi, Jl. Ahmad Yani. Dibuka dari tanggal 13 – 23 Mei 2019, bazar ini dibuka mulai pukul jam 09.00 Wib – 21.00 WIB.  

“Kami ingin agar para pembatik ini juga mendapat berkah rejeki di bulan puasa ini, kita dorong mereka untuk menjual karyanya saat Ramadah. Sekaligus promosi bahwa di Banyuwangi telah ada pusat batik, Galeri batik Banyuwang," kata Anas.  

2. Menjual beragam motif batik dan pastinya harganya terjangkau

Promosikan Kekayaan Budaya, Banyuwangi Gelar Bazar Batik RamadanIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sih Wahyudi, menambahkan bahwa batik yang dijual adalah batik khas Banyuwangi dengan beragam motif. Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau, berkisar antara Rp85 ribu – Rp100 ribu per biji.

"Untuk sementara, yang kami jual adalah batik cap dan batik semi tulis dengan aneka motif asli batik Banyuwangi. Mulai dari motif Sekar Jagad Blambangan, Gajah Uling,  Gedegan, Liris, hingga motif Blarak Semplah," kata Sih.

3. Bahkan tidak hanya batik saja yang ditawarkan, melainkan pernak-pernik cantik

Promosikan Kekayaan Budaya, Banyuwangi Gelar Bazar Batik RamadanIDN Times/Beautiful Banyuwangi

Ketua Paguyuban Sekar Jagad Blambangan, Firman Sauqi mengaku senang dengan adanya bazar ini. Menurut dia, ini sangat membantu promosi batik kepada masyarakat luas.

"Ini ide yang menarik bagi pengrajin batik, di mana pemkab semangat mengajak masyarakat untuk mengenakan batik saat Lebaran," kata Firman.

Di bazar ini pun, tak hanya dijual kain batik, tapi juga sudah ada pakaian batik yang ready to wear serta aneka asesoris dan pernak-pernik, seperti kalung, gelang dari monte. 

“Bagi pembeli yang ingin memesan motif tertentu, galeri batik ini juga melayani,” pungkas Firman.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya