Waspada Cuaca Ekstrem saat Pancaroba, Ini Hal-hal yang Perlu Dilakukan

Jaga kesehatan ya guys, cuacanya lagi gak enak

Surabaya, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan kepada masyarakat karena sekarang ini sedang memasuki masa peralihan musim kemarau ke penghujan atau pancaroba. Kasi Data dan Informasi, Teguh Tri mengatakan, beberapa kewaspadaan dan kehati-hatian perlu ditingkatkan.

1. Diimbau mulai perbaiki atap rumah, saluran air, hingga periksa pohon sekitar

Waspada Cuaca Ekstrem saat Pancaroba, Ini Hal-hal yang Perlu DilakukanIlustrasi cuaca ekstrem (IDN Times/Mardya Shakti)

Kewaspadaan itu berkaitan dengan potensi cuaca ekstrem yang akan melanda. Seperti angin kencang hingga hujan lebat. Maka, sangat penting melakukan antisipasi. Hal yang dapat dilakukan ialah memperbaiki atap rumah, memeriksa pohon, dan papan reklame.

"Jangan lupa membersihkan sampah yang menghambat laju air," ujar Teguh, Minggu (11/10/2020).

2. Waspada dengan gangguan kesehatan

Waspada Cuaca Ekstrem saat Pancaroba, Ini Hal-hal yang Perlu DilakukanIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain rumah dan lingkungan sekitar, BMKG Juanda juga mengimbau masyarakat mewaspadai gangguan kesehatan dengan menjaga ketahanan tubuh. Kemudian menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari demam berdarah.

"Selalu ikuti perkembangan informasi di media sosial dan website resmi BMKG," ucap dia.

Baca Juga: Surabaya Sumuk Pol, Begini Penjelasan BMKG

3. Makan makanan bergizi jadi solusi

Waspada Cuaca Ekstrem saat Pancaroba, Ini Hal-hal yang Perlu Dilakukanhttps://unsplash.com/@yu_salad

Sementara itu, dosen Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), Dwi Handayani punya tips menjaga tetap prima di tengah cuaca pancaroba. Pertama pasokan makanan harus terjaga, dengan asupan gizi seimbang, yakni karbohidrat, lemak dan protein seimbang. Selain itu, pasokan vitamin dan mineral harus mencukupi.

"Jika dirasa kurang dapat mengkonsumsi multivitamin," katanya.

Saran kedua, minum air yang cukup. Menurutnya, di masa pancaroba yang panas rentan dehidrasi. Terakhir, istirahat yang cukup, serta olahraga rutin. Berpikiran positif dengan mengelola stres agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Baca Juga: Masuk Pancaroba, Surabaya Mulai Diguyur Hujan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya