Tetap di Rumah, Kamu Bisa Kurban Daring dengan Beberapa Layanan Ini

Pandemik bukan halangan untuk berbuat baik

Surabaya, IDN Times - Jelang Idul Adha 2021, pemerintah mengambil kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Sejumlah pembatasan ini tentunya berpengaruh pada aktivitas mencari hewan kurban. Buat kamu yang tetap ingin berkurban tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa manfaatkan beberapa layanan kurban daring berikut ini.

1. Layanan kurban daring dari ACT dan Relawan Filantropi Indonesia

Tetap di Rumah, Kamu Bisa Kurban Daring dengan Beberapa Layanan IniRelawan dan ACT terapkan kurban secara daring. Dok. ACT

Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Relawan Filantropi Indonesia (RFI) membuat Gerakan Kerelawanan melalui sistem donasi digital Relawantropi.id. Tema yang diusung ialah 'Berqurban Tanpa Batas'.

Chief Marketing Officer RFI-ACT, Arizan Setiawan mengatakan, gerakan yang digagas ini memungkinkan setiap orang bisa berkurban dari mana saja. Menurut dia, sistem yang dibuat RFI-ACT memudahkan masyarakat meluaskan manfaat hingga memungkinkan siapa pun bisa berkurban dan menjadi penjual kurban.

"Sistem distribusi kurban menembus batasan negara,” ujarnya, Rabu (7/6/2021).

Sementara itu, Presiden ACT, Ibnu Khajar menilai gerakan ini sangat positif. Masyarakat yang ingin andil dalam penyebaran kurban tanpa batas, cukup menjadi member RFI. 

"Karena menjadi member semudah menggerakan jari tangan. Salah satunya dengan langsung mengklik relawanfilantropi.id dari smartphone dan raih insentif kebaikan dunia akhirat," ucapnya.

2. Manfaatkan penyedia kurban dan aplikasi di Smartphone

Tetap di Rumah, Kamu Bisa Kurban Daring dengan Beberapa Layanan IniIlustrasi. Penjual kambing kurban. ANTARA FOTO/Rahmad

Selain ACT dan RFI, kamu yang tetap ingin berkurban secara daring juga bisa memanfaatkan layanan daring dari penyedia lembaga penyedia kurban. Di Kota Surabaya misalnya, ada beberapa lembaga pengelola kurban seperti Nurul Hayat. Lembaga yang juga melayani aqiqah dan catering ini menyediakan berbagai pilihan kurban. Kamu cukup masuk ke website mereka di zakatkita.org.

Di sana kamu hanya perlu memasukkan data diri dan jenis kurban yang kamu inginkan. Untuk kambing, kamu dibanderol Rp1.900.000 hingga Rp2.550.000 per ekor. Sementara patungan sapi di kisaran Rp2.500.000 per orang. Setelah memilih dan transfer, kamu akan mendapatkan beberapa pesan konfirmasi tanpa perlu keluar rumah.

Tak hanya Nurul Hayat, layanan yang hampir sama juga bisa kamu dapatkan di Sebarqurban.id. Atau, kamu bisa cari aplikasi yang tersedia di Google Play, seperti KURBAN, YUK! atau Pasar Qurban.

Baca Juga: Pedagang Hewan Kurban Luar Daerah Boleh ke Lamongan Selama PPKM

3. Pemerintah memalui Baznas juga fasilitasi warga yang ingin berkurban secara daring

Tetap di Rumah, Kamu Bisa Kurban Daring dengan Beberapa Layanan IniIlustrasi hewan kurban (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Tak hanya pihak swasta, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) juga menyediakan layanan kurban daring. Kurban yang dikelola oleh Baznas akan disalurkan ke daerah-daerah terpencil dalam bentuk kemasan. 

"Yang berbeda, kami ada kurban online kemasan. Ini adalah upaya kamu mengurangi kerumunan yang ada di masyarakat. ini kurbannya betulan, tapu pelaksaananya secara online," kata pimpinan Baznas, Rizaludin Kurniawan seperti dikutip dari Antara. Kurban dari Baznas akan dimasak menjadi rendang.

Untuk pemesanan, bisa melalui situs resmi BAZNAS atau beberapa e-commerce. Mereka menawarkan kambing dengan harga Rp2-2,5 juta per ekor. Sementara sapi per ekor dibanderol Rp17,5 juta.

Baca Juga: PPKM Darurat, Pedagang Hewan Kurban Luar Daerah Boleh Ke Lamongan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya