Teriakan Nama Prabowo dan Pose 2 Jari Warnai Natal Nasional

Duh gimana nih konsepnya?

Surabaya, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mendapatkan sambutan meriah dari belasan ribu jemaat saat datang dalam perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Surabaya, Rabu (27/12/2023). Jokowi didampingi sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Antara lain, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Meteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Menko Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Teriakan nama Jokowi serta uluran tangan untuk meminta bersalaman dan berfoto terjadi ketika Presiden Jokowi tiba. Beberapa jemaat langsung mengacungkan dua jari saat berpose. Tak hanya itu, nama Prabowo Subianto juga dipanggil-panggil oleh beberapa jemaat.

Tak sampai di situ, Menkominfo Budi Arie yang juga Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2023 memberi embel-embel khusus ketika menyebut nama Prabowo. Dia menyampaikan kalau pria yang sedang nyapres itu adalah sahabatnya ketika mengawali sambutannya.

"Yang saya hormati Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, Menteri Agama Bapak Yaqut Cholil Qoumas, Menkopolhukam Bapak Mahfud MD dan Menteri Pertahanan sahabat saya Bapak Prabowo Subianto," ujar Budi disambut teriakan dan tepuk tangan meriah para jemaat.

"Menteri Perdagangan, Menteri PAN-RB, Menteri Parekraf, Menteri Ketenagakerjaan, Wamenag, Wamenparekraf, Wamenkominfo," lanjut Budi.

Seolah tak mau ketinggalan, Menag Yaqut menanggapi sematan sahabat yang dilontarkan oleh Menkominfo Budi Arie. Ia bercerita kalau Budi adalah sahabatnya sejak masa kuliah. Ia melanjutkan kalau juga bersahabat baik dengan Prabowo.

"Yang terhormat Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, bapak menyaksikan betapa bahagianya umat kristiani malam ini. Setelah Pandemik (COVID-19) Natal kembali diperingati bersama oleh Bapak Presiden Jokowi," katanya.

"Para kabinet Indonesia Maju yang tidak saya sebut satu-satu seperti Bapak Menkominfo tadi, Bapak Panglima dan TNI," imbuhnya.

Mesku tak menyebut nama satu per satu menteri. Yaqut kemudian menyapa Budi. Ia bercerita kalau Budi adalah sahabatnya semasa kuliah. "Saya bersahabat dengan beliau (Budi) sejak kuliah. Saya satu kampus dengan Pak Menkominfo," ucapnya.

"Jadi kalau saya bersahabat dengan Pak Menteri Budi Arie biasa. Tapi kalau Pak Budi Arie ngaku sahabatnya Pak Prabowo, saya juga boleh ngaku pak saya sahabatnya Pak Prabowo," sontak jemaat dan tamu undangan tertawa.

Selanjutnya baik Budi maupun Yaqut menyampaikan harapan-harapan tentang Natal. Mereka mendoakan Natal bisa membawa berkat buat para umat. Diketahui Natal kali ini mengakat tema "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi".

Baca Juga: Budi Arie Jamin Puncak Perayaan Natal Nasional Tidak Dipolitisasi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya