Tahapan PPDB SMA/SMK Jatim Dimulai

Dindik pesan: sekolah wajib bantu siswanya!

Surabaya, IDN Times - Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK di Jawa Timur (Jatim) dimulai Senin (5/6/2023). Pada tahap awal merupakan entry nilai. Nah, nilai siswa lulusan SMP dapat dimasukkan hingga Kamis (8/6/2023).

1. Sekolah diminta bantu siswanya memasukkan nilai untuk PPDB SMA/SMK

Tahapan PPDB SMA/SMK Jatim Dimulai(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim meminta sekolah untuk membantu proses dan siswa yang ingin mendaftar di jalur prestasi akademik SMA dan SMK. Sementara untuk tahapan verifikasi, siswa diberi kesempatan mengecek nilai yang dimasukkan operator sekolah pada 8 - 9 Juni.

Tahap entry nilai rapor ini penting bagi siswa. Jika sekolah tidak mengisi, maka akan merugikan siswa karena tidak bisa mengikuti PPDB. Sebab di tahun sebelumnya cukup banyak sekolah swasta yang tidak melakukan pengisian nilai siswa di sistem.

Baca Juga: Kuota SMA/SMK di Jatim Terbatas, Aliansi Pelajar Kritik Pedas

2. Karena tahun lalu banyak siswa SMP swasta sederajat swasta nilainya tidak dimasukkan

Tahapan PPDB SMA/SMK Jatim DimulaiIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Laporan sekolah swasta tidak mengisi nilai siswa sistem disampaikan langsung oleh siswa ke helpdesk Dindik Jatim. Berdasarkan laporan tersebut, ada beberapa sebab mengenai alasan sekolah tidak melakukan entry nilai siswa. Umumnya, masalah terjadi pada sekolah dalam naungan yayasan.

"Untuk persoalan ini kami memberikan pilihan pada siswa dengan melakukan entry nilai sendiri. Ini bisa dilakukan saat pengambilan PIN nanti," ujar Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim, Alfian Majdi, Senin (5/6/2023).

"Mereka yang kesulitan dalam proses entry rapor bisa datang ke Dindik Jatim dan 24 UPT kantor cabang yang tersebar di berbagai kabupaten kota," imbuh dia.

3. Bagi yang daftar jalur prestasi wajib tahu kalau ada penilaian indeks sekolah

Tahapan PPDB SMA/SMK Jatim Dimulaipendaftaran PPDB (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Lebih lanjut, bagi sekolah dan siswa yang ingin mendaftar jalur prestasi, tahun ini ada skema perhitungan dalam seleksi nilai rapor siswa. Dari sebelumnya, hanya mempertimbangkan nilai rata-rata rapor siswa dan akreditasi sekolah, kini ditambah dengan indeks sekolah.

Terkait indeks sekolah, nilai ini akan mempengaruhi 30 persen dari total penghitungan. Di mana 20 persen penilaian perhitungan dari akreditasi sekolah dan 50 persen sisanya ditentukan dari nilai rata-rata siswa. 

Indeks sekolah, kata dia, diambil agar proses seleksi lebih fair. Karena dilihat dari jumlah lulusan SMP dan MTs di sekolah tersebut yang diterima di SMA/SMK negeri selama tiga tahun berturut. Pola ini mencontoh seleksi di perguruan tinggi.

"Karena beberapa sekolah terlihat memasukkan nilai terlalu tinggi. Padahal, secara kualitas tidak seperti itu," paparnya.

Dengan tambahan hitungan ini, Dindik Jatim ingin mengukur kualitas sekolah. Berdasarkan lulusan mereka yang diterima di SMA SMK. Sementara itu, dalam pengisian nilai rapor hanya mata pelajaran Ujian Nasional yang masuk dalam entry nilai.

Diketahui untuk kuota jalur prestasi, di jenjang SMA disediakan 25 persen dari total kuota yang ada. Jalur prestasi akademik SMA ini dibuka pada 24-25 Juni 2023. Kemudian untuk jenjang SMK kuota yang disediakan sebanyak 65 persen yang dibuka pada 4-5 Juli 2023.

Baca Juga: Jelang PPDB SMA/SMK 2023, Simak Kebijakan Baru di Jatim

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya