Survei SRS di Jatim: 60,5 Persen Tolak Pemilu Tertutup

Seperti beli kucing dalam karung

Surabaya, IDN Times - Pemilu dengan sistem proporsional tertutup mencuat di permukaan. Padahal, statusnya saat ini masih di Mahkamah Konstitusi (MK). Di tengah jelang pengumuman keputusan MK, Surabaya Research Syndicate (SRS) melakukan survei di Jawa Timur (Jatim).

Hasilnya, dari sebanyak 1.000 responden yang dilibatkan di Jatim, sebesar 60,5 persen tidak setuju ide penerapan kembali sistem Pemilu proporsional tertutup. Sistem tersebut dianggap bertentangan dengan prinsip demokrasi yang terbuka dan transparan.

"Pemilih merasa membeli kucing dalam karung, karena tidak tahu siapa yang mewakilinya di DPR nanti," ujar Peneliti SRS, Fishya Amina Elvin saat rilis survei, Minggu (4/6/2023).

Sedangkan responden yang setuju dengan penerapan sistem proporsional tertutup tak lebih dari 30 persen. Lebih tepatnya hanya 27,1 persen. Fishya menyebut, umumnya mereka berpendapat kalau sistem proporsional tertutup lebih praktis dan cepat dalam memberikan suara.

"Sementara itu yang menjawab tidak tahu atau tidak memiliki jawaban sebesar 12,4 persen responden," kata Fishya.

Survei SRS dilakukan 20 - 30 Mei 2023. Melibatkan 1.000 responden yang tersebar di Jatim. Teknik pengambilan sampel secara acak sistematis atau multistage random sampling. Margin of error ± 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: PKB Teratas di Jatim, PDIP, Gerindra, Nasdem dan Golkar Bersaing

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya