Selundupkan Sabu 11 Kg, Pria Ini Tewas Tertabrak Truk

Polisi menyebut ia tertabrak saat melarikan diri

Surabaya, IDN Times - Ditresnarkoba Polda Jatim mengungkap kasus penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 11,52 kg. Saat ungkap kasus ini, pelaku Peter Kristiono sempat melarikan diri dan tertabrak truk, kemudian tewas.

1. Bermula dari ungkap kasus pengedar jaringan Myanmar

Selundupkan Sabu 11 Kg, Pria Ini Tewas Tertabrak TrukIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, pengungkapan bermula dari pengembangan kasus pengedar narkoba jaringan Myanmar-Malaysia-Jakarta-Surabaya yang sudah ditangkap 10 Maret lalu, Yoyok Priyanto. Kemudian ada informasi pengiriman sabu lagi pada 14 Mei di Jalan Teuku Cik Ditiro No 56 Menteng Jakarta Pusat.

"Setelah dilakukan pengecekan narkotika jenis sabu tersebut tidak ditemukan," ujar Luki.

2. Polisi dapat info ada penyelundupan sabu melalui galon cat

Selundupkan Sabu 11 Kg, Pria Ini Tewas Tertabrak TrukIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Selanjutnya, polisi mendapat informasi ada pengiriman sabu ke Jalan Muara Karang Raya No 105 Pluit Penjaringan Jakarta Utara, 28 Juni 2019. Sabu itu dimasukkan ke dalam galon cat melalui ekspedisi cargo

"Petugas langsung mendatangi cargo untuk melakukan penyelidikan, 2 Juli. Tanggal 3 Juli sekitar pukul 01.00 WIB datang 57 galon cat. Sekitar pukul 10.00 WIB, galon cat itu dibawa truk Go Box," jelas Luki.

Polisi pun mengikuti truk itu sampai di Perumahan Permata Taman Palem Blok A5/16 Jakarta Barat sekitar pukul 10.45 WIB. Penerima galon cat ini adalah Peter Kristiono.

"Petugas langsung menggeledah galon cat itu. Dari 57 galon cat, 10 di antaranya berisi narkotika jenis sabu-sabu," kata Luki.

3. Tersangka melarikan diri ke jalan tol dan tertabrak

Selundupkan Sabu 11 Kg, Pria Ini Tewas Tertabrak TrukIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Sekitar pukul 13.00 WIB, lanjut Luki, polisi membawa tersangka Peter beserta barang bukti ke Polda Jatim. Kemudian pukul 15.30 WIB, polisi berhenti di rest area SPBU Tambun Bekasi untuk mengisi BBM.

Tersangka Peter pun meminta izin ke toilet untuk buang air kecil sembari tangannya di borgol. Tapi, petugas yang mengawalnya ke toilet justru didorong hingga terjatuh dan tersangka melarikan diri.

"Tersangka melompat pagar pembatas tol dan melarikan diri ke jalan tol seketika itu tertabrak truk yang melintas," terang Luki.

4. Tersangka meninggal di rumah sakit

Selundupkan Sabu 11 Kg, Pria Ini Tewas Tertabrak Trukunsplash.com/@anneniuniu

 

Tidak lama kemudian, datang petugas dari PJR Korlantas Polri yang membantu mengamankan TKP. Tersangka yang tertabrak pun dibawa ke Rumah Sakit Hermina pukul 15.40 WIB untuk dilakukan pertolongan dan perawatan intensif.

"Kamis (4/7), sekitar pukul 23.35 WIB tersangka dinyatakan meninggal dunia oleh dokter," kata Luki.

Meski tersangka tewas, polisi telah mendapat keterangan kalau sabu-sabu seberat 11 kg lebih ini didapat dari Malaysia. Rencananya, barang haram ini akan diedarkan ke pulau garam. "Sementara ini ambilnya dari Malaysia dan akan diedarkan ke Madura," pungkas Luki.

Baca Juga: Sempat Dituntut 6 Tahun, Terdakwa Kepemilikan Sabu Divonis Bebas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya