RSUD dr. Soetomo Rawat 1 Pasien Penyakit Kuning Akut

Usianya masih 10 bulan

Surabaya, IDN Times - Seorang pasien terjangkit penyakit kuning akut sedang dirawat di RSUD dr. Soetomo, Surabaya. Pasien tersebut diketahui masih bayi. Saat ini sedang dalam perawatan intensif, sekaligus diinvestigasi terkait dengan hepatitis akut misterius atau bukan.

1. Pasien berusia 10 bulan, masih dalam investigasi

RSUD dr. Soetomo Rawat 1 Pasien Penyakit Kuning Akutilustrasi pemantauan pasien di rumah sakit (pexels.com/RODNAE Productions)

Adanya pasien terjangkit penyakit kuning akut yang sedang dirawat di RSUD dr. Soetomo ini dibenarkan oleh Dokter Spesialis Hepatitis, sekaligus Staf Gastrohepatologi anak FK Unair dan RSUD dr. Soetomo, dr. Bagus Setyoboedi. Dia menyebut, pasien masih berusia 10 bulan.

"Ada, tapi sejauh ini kita masih investigasi. Usianya masih 10 bulan. Kita cari dulu seperti apa. Masih kita awasi," ujarnya saat konferensi pers virtual, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: Anulir Data, Kadinkes Sebut 114 Kasus Hanya Penyakit Kuning

2. Gejalanya tidak mendekati hepatitis akut misterius

RSUD dr. Soetomo Rawat 1 Pasien Penyakit Kuning AkutIlustrasi hepatitis b (onhealth.com)

Terkait ciri-ciri atau gejala yang ada pada pasien, dr. Bagus menyebut bahwa belum  mengarah ke hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya (etiologi). Sejauh ini, pasien tidak mengalami gangguan kesadaran, bahkan kondisinya mulai membaik.

"Kelihatannya masalahnya di saluran empedunya," kata dia.

3. Ditempatkan di ruang isolasi khusus

RSUD dr. Soetomo Rawat 1 Pasien Penyakit Kuning Akutsebuah ranjang kosong di rumah sakit (freepik.com/dcstudio)

Kendati gejalanya tidak menunjukkan hepatitis akut misterius, pihak rumah sakit tetap menempatkan pasien di ruang isolasi khusus. Hal ini sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi penularan. "Kita gak mau kecolongan, kita tempatkan di ruang isolasi khusus," pungkas Bagus.

Baca Juga: Spesialis Hepatitis Dr Soetomo: Hepatitis Anak Tak Pernah Parah

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya