Ratusan Korban Selamat Gempa dan Tsunami Palu-Donggala Tiba di Jatim

"Mereka sebagian orang Jawa"

Surabaya, IDN Times - Ratusan korban selamat gempa bumi dan tsunami Donggala-Palu tiba di Base Ops Lanudal Juanda, Rabu malam (3/10). Mereka semua diangkut dengan pesawat Hercules. "Betul ada landing (korban Palu) ikut pesawat Hercules," ujar Kadispen Lanud Muljono Surabaya, Kapten (Sus) Prasetyo Aryo.

1. Para korban ada yang diantar ke terminal, menunggu jemputan, dan ditaruh di Kodim

Ratusan Korban Selamat Gempa dan Tsunami Palu-Donggala Tiba di JatimDok. IDN Times/ Istimewa

Aryo mengatakan belum tahu secara pasti jumlah korban gempa dan tsunami Donggala-Palu yang tiba di Juanda. Hanya saja, menurut informasi yang diterima IDN Times, korban selamat yang tiba di Juanda ini mencapai 153 orang.

Pengungsi ini, kata Aryo, langsung diarahkan tim gabungan ke terminal bus sesuai tujuannya masing-masing. "Kalau ada tujuan (di Jawa) ditaruh terminal. Ada yang nunggu keluarganya. Kalau belum ada tujuan, sementara ditaruh di Kodim," jelasnya.

2. Kebanyakan berasal dari Jateng dan Jatim

Ratusan Korban Selamat Gempa dan Tsunami Palu-Donggala Tiba di JatimANTARA FOTO/Darwin Fatir

Aryo menambahkan alasan para korban ikut dievakuasi pesawat Hercules ke Bandara Juanda karena ingin kembali ke kampung halaman. Ini karena, korban selamat itu kebanyakan berasal dari Jateng dan sebagian Jatim. "Jatimnya Lamongan dan Malang. Jateng ada Semarang, Boyolali, Jogja dan Solo," bebernya.

3. Para korban semula bekerja di Palu

Ratusan Korban Selamat Gempa dan Tsunami Palu-Donggala Tiba di JatimANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Aryo menerangkan kalau para korban ini semula hanya bekerja di Palu dan sekitarnya. Dia memastikan sebagian besar yang ikut rombongan pesawat Hercules adalah orang Jawa. "Di sana bekerja. Sementara belum saya tanya satu persatu. Kebanyakan dari Jawa," pungkasnya.

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya