Prabowo - Gibran Sasar Suara Tapal Kuda Jatim

Gerakkan relawan ke Bondowoso

Surabaya, IDN Times - Pasangan Calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyasar suara di kawasan Tapal Kuda, Jawa Timur (Jatim). Kini, relawannya pun diperluas ke sana.

Terbaru, relawan Komite Independen Pemenangan (KIP) Prabowo Jatim membuat KIP Prabowo di Bondowoso. Terpilih menjadi ketuanya, Haryono. Ia pub langsung mematok target bisa memenangkan Prabowo 60 persen.

"Pak Prabowo-Gibran punya konsep dan keikhlasan dalam menolong orang-orang miskin, kami siap memenangkan beliau sampai 60 persen," ujarnya. 

Sementara itu, Koordinator Wilayah Tapal Kuda Jawa Timur KIP Prabowo-Gibran Wigit Prayitno menjelaskan kalau separuh luasan Bondowoso didominasi hutan. Fenomena yang terjadi saat ini di sana, ruang kehidupan hanya sekitar seperempat luas wilayah.

"Dengan struktur ekonomi dominan agraris. Kemiskinan hampir selalu ada di sekitar hutan, karena minimnya sarana prasarana jalan dan produksi, akses air, listrik, pendidikan, dan lain-lain," ungkapnya.

Mendengar itu, Penasehat Relawan KIP Prabowo, Fandi Utomo mengatakan, perlunya pemanfaatan kawasan hutan untuk budidaya terbatas komoditas tertentu. Seperti kopi yang saat ini sudah dilakukan oleh warga Bondowoso. Namun, kopi bukan termasuk hasil pertanian yang bernilai tinggi.

Karena itulah, kata Fandi, food forest pada perhutanan sosial adalah jawaban bagi persoalan ekosistem kehidupan, climate change dan pemenuhan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Tentu harus diikuti dengan akses reform oleh pemerintah. 

"Konsep dan aplikasi perhutanan sosial yang sudah digalakkan sejak Pemerintahan Pak Jokowi, sudah semestinya mendapatkan perhatian lebih di pemerintahan mendatang. Agroforestry, silvopastura dan silvofishery, adalah upaya yang harus terus didorong, difasilitasi dan dibiayai oleh negara buat masyarakat sekitar hutan Bondowoso," ucapnya.

Fandi meyakini konsep-konsep tersebut akan dicanangkan oleh Prabowo - Gibran jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Relawan Gibran Berkopiah Incar Suara NU Menangkan Prabowo-Gibran

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya