PLN Jatim Terjunkan Ribuan Petugas untuk Amankan Listrik saat Pilkada

Jamin pasokan listrik aman saat pilkada

Surabaya, IDN Times - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur (Jatim) mengerahkan 1.388 petugas untuk mengamankan stabilitas listrik saat Pilkada Serentak 2020, Rabu (9/12/2020) mendatang. Selain itu, beberapa alat pendukung juga disiapkan. Yakni 16 genset mobile, 131 UGB, 4 UPS portabel, dan 3 UPSmobile.

"Tak hanya itu, PLN pun bekerja sama dengan kepolisian dan rumah sakit setempat untuk menjaga kelancaran saat acara berlangsung," ujar General Manager PLN UID Jawa Timur, Nyoman S Astawa, Senin (7/12/2020).

1. Tegaskan pasokan listrik Jatim cukup pada 9 Desember 2020

PLN Jatim Terjunkan Ribuan Petugas untuk Amankan Listrik saat PilkadaIlustrasi Kabel (IDN Times/Sukma Shakti)

Nyoman juga menyampaikan, pasokan listrik untuk Jatim saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dirasa cukup. PLN UID Jatim juga menyiapkan skema manuver jika terjadi gangguan untuk masing-masing daerah.  Daya mampu sistem pembangkit di Jatim sebesar 8.212 MW.

"Perkiraan beban siang pada tanggal 9 Desember sebesar 4.904 MW dan beban malam 5.258 MW," ucap dia.

2. Didukung dengan PLN UIT JBTB

PLN Jatim Terjunkan Ribuan Petugas untuk Amankan Listrik saat PilkadaIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBTB), Suroso mengatakan, pihaknya mengamankan jaringan distribusi (20 kv), dan transmisi 70-500 kv serta Gardu Induk (GI). Ada 64 lokasi yang akan dilakukan piket siaga oleh PLN UIT JBTB dimana ada 154 GI yang harus beroperasi secara optimal. Sebanyak 123 petugas juga diterjunkan.

"Berbagai upaya pencegahan sudah kami siapkan, baik dari tim yang siaga, SOP keadaan emergency, kesiapan peralatan, kesiapan material cadang, dan lain sebagainya," kata dia.

"Selain itu, kami juga sudah melakukan peremajaan komponen-komponen agar tidak ada gangguan yang berasal dari internal. Kami ingatkan kembali kepada seluruh masyarakat agar tidak bermain layang-layang serta balon udara dekat dengan jaringan PLN," imbuhnya.

Baca Juga: 121.311 Personel Diterjunkan untuk Amankan Pilkada 2020 di Jatim

3. Pilkada serentak digelar di 16 kabupaten dan 3 kota

PLN Jatim Terjunkan Ribuan Petugas untuk Amankan Listrik saat PilkadaIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Sekadar diketahui, Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 19 daerah di Jatim. Yakni terdiri dari 16 kabupaten dan tiga kota. Rinciannya, Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Lamongan, Tuban, Gresik, Mojokerto, Malang, Blitar, Sidoarjo, Sumenep, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi. Kemudian Kota Blitar, Pasuruan, dan Surabaya.

Baca Juga: H-2 Pilkada 2020 di Jatim, Logistik Terdistribusi 95 Persen 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya