Omicron di Jatim, Khofifah: Jangan Sampai Terjadi Penularan Lokal

Ia pun mewanti-wanti Pemkab dan Pemkot

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa angkat bicara perihal terdeteksinya COVID-19 varian Omicron di wilayahnya. Ia pun meminta sekaligus mengingatkan warganya untuk meningkatkan kewaspadaan dengan memperketat protokol kesehatan agar tak terjadi penularan lokal.

“Kita tidak boleh panik, tapi yang terpenting harus waspada dengan cara memperketat protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan serta percepat vaksinasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (3/1/2022).

1. Ajak warga cegah Omicron tak meluas, koordinasi dengan BNPB dan Menkes

Omicron di Jatim, Khofifah: Jangan Sampai Terjadi Penularan LokalKetua PP Muslimat Nahdlatul Ulama, Khofifah Indar Parawansa hadir secara langsung di Muktamar ke-34 NU di Lampung. Dok. Istimewa.

Khofifah menilai, terdeteksinya varian Omicron di Jatim ini memang tak bisa terelakkan. salah satu karakter varian ini adalah penularannya yang sangat cepat. “Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian Omicron tidak meluas di Jawa Timur, dan jangan sampai terjadi penularan lokal," tegas dia.

"Saya juga langsung kordinasi dengan Pangdam, Kapolda, Ka. BNPB serta Menkes,” mantan Menteri Sosial ini menambahkan.

2. Diimbau tak panik, tetap pertahankan tren landai kasus COVID-19 di Jatim

Omicron di Jatim, Khofifah: Jangan Sampai Terjadi Penularan LokalIDN Times/Margith Juita Damanik

Lebih lanjut, Khofifah meminta semua pihak untuk menjaga kondisi supaya situasi di Jatim tetap baik dan terkendali. Yakni dengan mempertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah, tingkat penularan juga terus diawasi agar bertahan di bawah angka satu persen dan jangan sampai terjadi lonjakan kasus.

“Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian Omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin,” kata Khofifah.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Sebut 2 Warganya Terjangkit Omicron 

3. Ingatkan pentingnya vaksinasi, pemkab/pemkot diinstruksikan testing dan tracing

Omicron di Jatim, Khofifah: Jangan Sampai Terjadi Penularan Lokalilustrasi tes PCR (unsplash.com/Mufid Majnun)

Gubernur kelahiran Surabaya ini juga menekankan pentingnya vaksinasi dalam mencegah penularan omicron. Vaksinasi sebagai salah satu intervensi dalam menekan penyebaran COVID-19.

“Oleh sebab itu saya meminta semua warga Jatim yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin segeralah mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin,” imbuhnya.

“Kepada pemerintah daerah saya minta agar testing dan tracing kontak erat digencarkan lagi, ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Baca Juga: COVID-19 Varian Omicron Terdeteksi di Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya