Comscore Tracker

Keluarga Korban Kanjuruhan Harap-harap Cemas Hasil Autopsi

Keluarga korban berharap hasil autopsi sesuai fakta

Surabaya, IDN Times - Hasil autopsi dua korban tragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang memang belum keluar. Hal tersebut membuat pihak keluarga korban, harap-harap cemas. Mereka berharap tim yang mengautopsi membeberkan hasilnya sesuai fakta.

1. PDFI akan independen

Keluarga Korban Kanjuruhan Harap-harap Cemas Hasil AutopsiKomisioner Komnas HAM Choirul Anam (kanan) memimpin investigasi di depan pintu tribun Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022). Investigasi tersebut dilakukan untuk mendapatkan informasi dan bukti tentang dugaan pintu keluar stadion yang terkunci saat tragedi Kanjuruhan terjadi. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Harapan pihak keluarga korban itu disampaikan oleh kuasa hukumnya, Imam Hidayat. Dia menyampaikan, salah satu faktor yang membuat pihak keluarga harap-harap cemas dengan hasil autopsi, karena permintaan untuk mengawal prosesnya secara penuh tidak terpenuhi.

"Kami mengusulkan ke dokter forensik,” ujar Imam. “Tapi kami lihat PDFI (Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia), dr Nabil Bahasuan sudah menyatakan mereka akan independen dan tidak terpengaruh siapapun,” dia menambahkan.

Baca Juga: Enam Dokter Forensik Lakukan Ekshumasi dan Autopsi Korban Kanjuruhan 

2. Diharapkan sesuai fakta

Keluarga Korban Kanjuruhan Harap-harap Cemas Hasil AutopsiLokasi makam dua korban tragedi Kanjuruhan yang dibongkar dan dilakukan autopsi di Malang, 5 November 2022. (ANTARA FOTO/Purnomo)

Lantaran ada pernyataan dari PDFI untuk melakuka pemeriksaan autopsi secara independen, pihak keluarga pun tak lagi menggebu-gebu untuk ikut mengawal prosesnya sampai ke laboratorium. Mereka kini tinggal menunggu hasilnya.

“Mereka bilang berusaha semaksimal mungkin hasil dan akan apa adanya sesuai dengan fakta. Kami enggak khawatir, InsyaAllah kami percaya,” katanya.

3. Sekarang masih proses

Keluarga Korban Kanjuruhan Harap-harap Cemas Hasil AutopsiLokasi makam dua korban tragedi Kanjuruhan yang dibongkar dan dilakukan autopsi di Malang, 5 November 2022. (ANTARA FOTO/Purnomo)

Terkait perkembangan pemeriksaan autopsi, sambung Imam, pihaknya hanya mendapatkan jawaban kalau masih dalam proses saja. Mereka berharap hasil autopsi ini nanti dapat membuka fakta yang ada untuk menguatkan tragedi Kanjuruhan.

“Informasi yang kami terima dari dokter Manil beliau menyatakan masih proses, dan mohon doanya agar hasilnya sesuai harapan,” kata dia.

Sebelumnya dua jenazah korban Tragedi Kanjuruhan berinisial NDR (16) dan NDB (13), menjalani ekshumasi dan autopsi pada Sabtu (5/11/2022). Ketua PDFI Jawa Timur (Jatim), dr Nabil Bahasuan mengatakan, hasil akan keluar paling lama delapan pekan ke depan.

Baca Juga: Aremania Turut Kawal Proses Autopsi Korban Tragedi Kanjuruhan 

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya