Comscore Tracker

Cerita Pekerja KAI, Tak Lebaran 5 Tahun

Nganterin orang mudik tapi dia gak bisa mudik

Surabaya, IDN Times - Lebaran Idul Fitri identik dirayakan bareng keluarga. Namun berbeda dengan Raditya (24), karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya ini rela tak merayakan Idul Fitri di kampung halaman karena selalu bertugas melayani para penumpang yang sedang melakukan mudik.

Tahun ini, menjadi tahun kelima Radit--sapaan karibnya- tidak merayakan lebaran di rumah. Kendati begitu, pria asli Ponorogo ini tak pernah mempermasalahkannya. Keluarganya di kampung pun sudah memahami karena petugas KAI memang harus merelakan momen ini demi publik.

Baca Juga: Tips Mengukur Tekanan Ban Motor Sebelum Mudik

1. Tak bisa mudik selama masa angkutan lebaran

Cerita Pekerja KAI, Tak Lebaran 5 TahunIDN Times/Galih Persiana

Radit mengaku tak sendirian. Teman-teman sejawatnya di KAI juga harus bertugas ketika momen hari keagamaan maupun tahun baru. Sebab, momen ini kerap menjadi puncak penumpang kereta api. Ada yang mudik, ada pula sekadar jalan-jalan berwisata bersama keluarga.

"Pada masa lebaran ini, seluruh petugas kereta api ditugaskan untuk melayani masyarakat yang mudik. Mulai 22 April sampai 13 Mei 2022," ujarnya saat ditemui IDN Times di Stasiun Surabaya, Senin (25/4/2022).

2. Pilih videocall keluarga untuk obati rindu

Cerita Pekerja KAI, Tak Lebaran 5 TahunIDN Times/Rizka Yulita

Selama masa angkutan lebaran itu, kata Radit, petugas KAI tidak diperkenankan libur. Semuanya harus siaga melayani masyarakat yang merupakan penumpang, baik itu masinis, kondektur, pelayanan tiket hingga administrasi seperti Radit.

Nah, untuk mengobati rindu, Radit biasanya menyempatkan diri melakukan panggilan telepon alias videocall dengan orangtua dan saudara di kampung. "Sekarang ini bisa lewat videocall ramai-ramai. Kemudian nanti untuk bertemu tinggal atur hari berikutnya," katanya.

Baca Juga: Arus Mudik Sudah Dimulai, Menhub Ingatkan Masyarakat Vaksin Booster 

3. Silaturahim di hari setelah masa angkutan lebaran berakhir

Cerita Pekerja KAI, Tak Lebaran 5 TahunPetugas KAI Daop 8 Surabaya, Raditya. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Nantinya, sambung Radit, ia akan diberi jatah libur pengganti oleh manajemen PT KAI. Biasanya, libur pengganti inilah yang dipakai Radit untuk bisa bersilaturahim dengan orangtua serta saudara di kampung halaman. "Pulangnya nanti setelah masa angkutan lebaran berakhir. Artinya setelah 13 Mei 2022," dia mengungkapkan.

"Gak bisa lebaran di rumah saya gak masalah, tapi terharu, teharunya itu bisa antar penumpang dan melayaninya selama mudik," pungkas dia.

Baca Juga: Kerudung Lukis Tusuk Gigi, Alternatif Fashion Hijab untuk Lebaran

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya