Besok Berusia 728 Tahun, Surabaya Siap Berbenah

Transportasi massal kapan?

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyiapkan sejumlah skema untuk Kota Pahlawan ke depannya. Terlebih, usia Surabaya bertambah menjadi 728 tahun pada Senin (31/5/2021). Salah satu yang disiapkan ialah tempat-tempat strategis untuk bisa menggerakkan ekonomi.

Untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, tak hanya dilakukan dengan cara memberikan peluang kepada para investor besar. Tetapi juga menggerakan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya.

"Inilah wajah Kota Surabaya (ke depan)," ujar Eri, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Surabaya yang Ada di Kota Jakarta, Sama Nikmatnya Rek!

1. Ciptakan sesuatu untuk pelaku UMKM

Besok Berusia 728 Tahun, Surabaya Siap BerbenahWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Langkah yang harus dilakukan sekarang, kata Eri, adalah bagaimana menciptakan sebuah tempat baru di Surabaya yang bisa bermanfaat dan memberikan dampak besar pelaku UMKM. Tempat tersebut diproyeksikan sebagai salah satu bentuk investasi untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat.

"Bukan infrastruktur yang memang harus tampak, tetapi tidak langsung menyentuh ke masyarakat. Tapi, kita harus membuat sesuatu yang baru, investasi yang baru dan itu bisa menarik masyarakat yang bekerja di sana," jelas dia.

2. Bikin akses dukungan berupa transportasi

Besok Berusia 728 Tahun, Surabaya Siap BerbenahJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Terobosan yang bakal dilakukannya ini tentu dibutuhkan sebuah akses dukungan transportasi. Maka dari itu, Pemkot Surabaya saat ini fokus menyediakan akses transportasi massal. "Karena memang saat ini kita fokus ke transportasi massal," ucap Eri.

Selain itu juga Kota Eri menyiapkan sebuah tempat yang dapat menjadi pusat jujukan kegiatan masyarakat. Misalnya, dalam bidang olahraga, lokasi yang dipilih adalah kompleks Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

"Wajah Surabaya kita ubah seperti itu. Jadi investasi yang masuk, sesuatu yang dibangun oleh pemerintah itu adalah yang bisa menunjukkan bahwa  warga Surabaya tidak ada lagi yang tidak bisa bekerja," katanya.

3. Restorasi pasar tradisional juga jadi proyeksi

Besok Berusia 728 Tahun, Surabaya Siap BerbenahIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Tak hanya itu, Eri juga akan merestorasi pasar tradisional. Rencananya, di tahun 2022 mendatang, Pemkot Surabaya memiliki planning dengan menjadikan beberapa pasar sebagai percontohan prioritas.

"Pasar tetap menjual kebutuhan pokok, sayur, beras dan sebagainya. Tapi bentuknya dia menjadi pasar yang bersih, kayak supermarket, ada trolinya. Itu sedang kita bentuk sekarang. Insya allah kita akan terapkan di tahun 2022," pungkasnya.

Baca Juga: De Javasche Bank, Jejak Perbankan Hindia Belanda di Utara Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya