Comscore Tracker

Khofifah Pastikan Bantuan ke Pengungsi Semeru Tersalurkan

Buka posko pengungsian di Candipuro, Lumajang

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menginstruksikan BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos) Jatim segera mengirim bantuan tenaga, peralatan, maupun logistik ke sekitaran wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Instruksi ini pun segera ditindaklanjuti dua OPD tersebut.

“Bantuan yang diberikan diantaranya mengirimkan dua tenda pengungsian yang dilengkapi dengan light tower sebagai penerangan saat gelap. Termasuk juga pengungsian darurat dan dapur umum sedang kita siapkan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (1/12/2020).

1. Bantuan berupa sembako telah disalurkan

Khofifah Pastikan Bantuan ke Pengungsi Semeru TersalurkanKondisi Gunung Semeru, Minggu (29/11/2020). Instagram.com/bbtnbromotenggersemeru

Mantan Menteri Sosial itu juga menerima laporan bahwa sembako telah disalurkan untuk para pengungsi. Antara lain, 1 ton beras, 500 kardus mi instan, dan 200 liter minyak goreng. Lalu tambah gizi 120 paket, serta lauk pauk 120 paket.

"Posko penguatan dari pemprov menyatu di posko pengungsian yang  berada di lapangan Kamarkajang Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," kata Khofifah.

2. Juga kirimkan perlengkapan pencegahan COVID-19

Khofifah Pastikan Bantuan ke Pengungsi Semeru TersalurkanIlustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Tidak hanya itu saja, dalam rangka penanganan pencegahan pada masa pandemik COVID-19, Ketum PP Muslimat NU ini juga memerintahkan untuk menyertakan bantuan berupa hand sanitizer 20 liter, disinfektan 20 liter, masker 5.000 pak, mobil rescue 1 Unit dan mobil serbaguna 2 Unit.

"Untuk membantu penanganan personil Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim yang akan membawa berbagai peralatan pendukung penanganan bencana juga meluncur ke lokasi," ucap dia.

Baca Juga: Bertambah, 550 Jiwa Mengungsi Setelah Semeru Semburkan Awan Panas

3. Dinsos Jatim beri paket sandang, pangan, hingga kasur

Khofifah Pastikan Bantuan ke Pengungsi Semeru TersalurkanGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat launching 26 juta masker di Pendopo Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara Dinsos Jatim, lanjut Khofifah, mengirimkan bantuan berupa tenda pengungsi 2 unit, family kit 50 paket, kid ware 50 paket, food ware 50 paket, perlengkapan dapur keluarga 50 paket, paket sandang 50 paket, serta kasur 30 buah.

"Bantuan tersebut kami arahkan langsung ke tempat pengungsian. Tentu semua kami koordinasikan dengan bupati Lumajang," jelasnya.

“Bantuan yang saat ini dikirimkan adalah sebagai langkah awal kesigapan Pemprov Jatim dalam menangani bencana alam. Nanti, akan ada bantuan-bantuan yang akan dikirimkan secara bertahap sesuai kebutuhan lapangan. Tetapi team leader-nya tetap bupati Lumajang. Mohon saling waspada, menjaga jarak aman, dan tetap menjaga protokol kesehatan," dia melanjutkan.

Baca Juga: Warga Mengungsi, Awan Panas Semeru Sempat Berjarak Luncur 3.000 Meter

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya