Comscore Tracker

Antisipasi Libur Panjang, Polda Petakan Jalur Padat dan Rawan Bencana

Selamat berlibur, tetap patuhi protokol kesehatan!

Surabaya, IDN Times - Libur panjang pekan ini sudah di depan mata. Pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada 28 dan 30 Oktober 2020, berkaitan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 29 Oktober 2020. Suasana libur cuti bersama tersebut berlanjut hingga 31 Oktober dan 1 November 2020 yang jatuh pada Sabtu dan Minggu.

1. Petakan jalur-jalur padat

Antisipasi Libur Panjang, Polda Petakan Jalur Padat dan Rawan BencanaMeski belum banyak, wisatawan sudah mulai datang ke Jatim Park II. IDN Times/ Alfi Ramadana

Wadirlantas Polda Jatim, AKBP Didit Bambang Wibowo mengatakan, pihaknya akan mengamankan jalur-jalur padat. Nantinya, para personel lalu lintas akan berpatroli dan bersiaga. Beberapa polres yang wilayahnya punya objek wisata juga akan menyiapkan rekayasa lalu lintas jika kondisi jalan memang padat

"Nantinya, kami siapkan pengamanan di sejumlah titik. Misalnya wilayah yang ramai, lalu di jalan tol hingga jalur menuju tempat wisata," katanya, Selasa (27/10/2020).

2. Petakan jalur rawan bencana dan ingatkan protokol kesehatan

Antisipasi Libur Panjang, Polda Petakan Jalur Padat dan Rawan BencanaIlustrasi apel pasukan Operasi Zebra Lempuyang 2020 (Dok.IDN Times/Polres Bangli)

Lebih lanjut, pihaknya juga ikut memetakan jalur rawan bencana alam seperti banjir dan longsor. Tak lupa, personel di lapangan diwajibkan selalu mengingatkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Jangan sampai liburan panjang menjadi salah satu penularan COVID-19," ucap Didit.

Baca Juga: Hindari Klaster Long Weekend, Polisi Siapkan Skema Pengamanan

3. Operasi Zebra juga untuk antisipasi long weekend

Antisipasi Libur Panjang, Polda Petakan Jalur Padat dan Rawan BencanaIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, Ditlantas Polda Jatim juga sedang memberlakukan Operasi Zebra Semeru 2020 di sejumlah titik. Tujuannya agar pengendara disiplin dalam berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Kami 20 persennya penindakan, preventif ya itu kegiatan turjawalantas yakni pengaturan, patroli 40 persen. Salah satunya kami antisipasi untuk pengamanan long weekend itu," ujar Kabagbinops Ditlantas Polda Jatim, Kompol Gathut Bowo Supriyono

Baca Juga: Libur Panjang, 551 Objek Wisata di Jatim Siap Sambut Pengunjung

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya