Aksi Bela Palestina di Surabaya Digelar Lintas Agama

Keprihatinan bersama membela Palestina

Surabaya, IDN Times - Beredar poster ajakan aksi bela Palestina di media sosial. Dalam poster, aksi akan digelar oleh Persatuan Pemuda Pemudi Pejuang Islam Indonesia (P411) di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pukul 12.00 WIB, Senin (17/5/2021).

"Wahai Arek-arek Suroboyo hadirilah, aksi Indonesia bersatu bela Palestina," tulis poster tersebut.

1. Aksi digelar di depan Kantor DPRD Jatim

Aksi Bela Palestina di Surabaya Digelar Lintas AgamaSuasana di depan Gedung DPRD Jatim Jl Indrapura, Surabaya, Selasa (6/10/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Korlap aksi, Milla Machmudah membenarkan kalau pihaknya akan menggelar aksi bela Palestina. Namun ada sejumlah perubahan terkait lokasi dan waktu untuk aksi besok, setelah pihaknya meminta izin ke kepolisian.

"Jadi (aksi), tempat pindah di DPRD (Jatim), dimajukan pagi jam 09.00 WIB," ujarnya saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Via Vallen Bagikan Pengalaman Mencekam saat di Palestina

2. Diikuti 50-100 orang dengan prokes ketat

Aksi Bela Palestina di Surabaya Digelar Lintas AgamaMahasiswa jurusan seni yang tergabung dalam Komunitas Mural-Marul melukis mural di Kota Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020). Mereka mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat selama pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Sementara itu, salah satu peserta aksi, Agus Fachrudin menyampaikan, kalau aksi besok diikuti sekitar 50-100orang. Semua wajib menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, membawa hand sanitizer, menjaga jarak antar peserta.

"Karena sekarang masih pandemik COVID-19. Aksi kami jangan sampai membuat klaster baru di Surabaya," ucapnya.

3. Aksi gandeng lintas agama

Aksi Bela Palestina di Surabaya Digelar Lintas AgamaPoster rencana aksi bela Palestina di Surabaya. Dok. Istimewa.

Lebih lanjut, Agus menegaskan bahwa aksi yang digelar atas dasar kemanusiaan. Hal itu senada dengan kecaman berbagai pihak termasuk Presiden Joko 'Jokowi' Widodo terhadap serangan yang digencarkan Israel beberapa hari terakhir ini.

"Jadi ini aksi kemanusiaan, membela Palestina. Tak hanya dari satu agama Islam saja, kita besok menggandeng agama lain untuk turut aksi," tegasnya.

Baca Juga: Tersentuh Rasa Kemanusiaan, Triyanto Jual Rumah untuk Bantu Palestina

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya