6.500 Jemaah Ikut Tarawih di Masjid Al Akbar Surabaya

Jemaah di Masjid Al-Akbar dari luar kota dan luar pulau

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 6.500 jemaah mengikuti Salat Tarawih pertama pada Bulan Ramadan tahun ini di Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), Sabtu (2/4/2022). Tak hanya warga sekitar, jemaah yang datang juga dari luar kota hingga luar pulau.

1. Sebanyak 6.500 jemaah masih wajib prokes ketat

6.500 Jemaah Ikut Tarawih di Masjid Al Akbar SurabayaPengaturan saf jemaah salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dibatasi. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Kepala Humas MAS, Helmy M. Noor mengatakan, jemaah yang datang pada Tarawih pertama hampir memenuhi kuota. Diketahui, MAS menyediakan kuota 9.000 jemaah untuk pelaksanaan Tarawih tahun ini. Mereka harus mengikuti aturan yang berlaku.

"Tadi malam kisaran 6.500 jemaah dari kuota total 9.000 jemaah," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (3/4/2022).

Adapun aturan yang ditentukan, jemaah perempuan masuk ke area sholat melalui pintu utara dan timur. Jemaah pria melalui pintu lorong utara, timur serta selatan. Jemaah wajib pake masker, cek suhu dan pemberian hand sanitazer di pintu masuk.

Baca Juga: Salat Tarawih, Masjid Al Akbar Surabaya Bisa Tampung 9 Ribu Jemaah

2. Pukul 21.00 WIB area masjid disterilkan, Gubernur Khofifah juga jadi jemaah

6.500 Jemaah Ikut Tarawih di Masjid Al Akbar SurabayaPenyemprotan Disinfektan di Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (17/3). (Dok. Humas Masjid Al Akbar)

Pelaksanaan Tarawih tahun, sambung Helmy, juga dibatasi waktu. Jemaah yang selesai beribadah Salat Tarawih, diminta untuk tidak berlama-lama di area masjid. Mulai pukul 21.00, Masjid Nasional Al Akbar ditutup untuk dilakukan sterelisasi.

"Masjid dibuka lagi satu jam sebelum azan Salat Subuh," kata dia.

Nah, pada Tarawih kali ini, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa juga menyempatkan untuk salat di masjid terbesar kedua nasional ini. Dia pun menyempatkan diri menyapa jemaah yang mengikuti Tarawih.

3. Jemaah ada yang datang dari Aceh

6.500 Jemaah Ikut Tarawih di Masjid Al Akbar Surabayainstagram.com/indraiswanto84

Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu mengunggah di Instagramnya kalau berfoto dengan jemaah yang datang dari luar kota bahkan luar pulau. Ada yang dari Jakarta, Nusa Tenggara Barat hingga Aceh. Foto ini disempatkannya usai Salat Tarawih di sekitaran air mancur masjid.

"Jemaah yang berfoto bersama dari Aceh, Jakarta, NTB dan lain-lain yang sedang di Surabaya," tulisnya di Instagram @khofifah.ip.

Baca Juga: Ramadan, Polrestabes Surabaya Patroli Setelah Tarawih hingga Sahur

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya