25 Jenazah Korban Erupsi Semeru Teridentifikasi

Sampai hari ini DVI menerima 35 jenazah dan 3 potongan tubuh

Lumajang, IDN Times - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri menerima satu jenazah dan satu potongan tubuh korban erupsi Gunung Semeru pada Jumat (10/12/2021). Jenazah ditemukan di lokasi tambang pasir di Dusun Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo. Potongan tubuh ditemukan di Dusun Kamar Kajang, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

"Sehingga sampai hari ini, Tim DVI Polri telah menerima 38 kantong, terdiri dari 35 jenazah dan 3 bagian tubuh," ujar Kabag Penum Ropenmas Divhumas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat konferensi pers.

1. Identifikasi 2 jenazah dan 1 potongan tubuh

25 Jenazah Korban Erupsi Semeru TeridentifikasiIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain menerima tambahan jenazah, Tim DVI Polri juga telah mengidentifikasi lagi identitas dua jenazah. Sehingga, sampai saat ini sudah ada 25 jenazah yang teridentifikasi. "Dan satu potongan tubuh yang diterima kemarin berupa kuku atau kulit atau bagian dari tangan," kata Ahmad.

Bagian tubuh itu ternyata milik korban yang sebelumnya ditemukan dalam kondisi luka berat. Namun korban tersebut tak berhasil diselamatkan nyawanya. "Secara keseluruhan mulai tanggal 7 (Desember 2021) sampai hari ini, ada 25 jenazah teridentifikasi dan satu potongan tubuh," ucapnya.

Baca Juga: Lebih Baik Beri Uang, Bantuan Korban Erupsi Semeru Cukup untuk 30 Hari

2. Sebut 2 jenazah yang teridentifikasi laki-laki

25 Jenazah Korban Erupsi Semeru TeridentifikasiPetugas gabungan Basarnas tengah melakukan evakuasi korban erupsi Gunung Semeru (Dokumentasi Basarnas)

Sementara Kabid Dokkes Polda Jatim, Kombes Pol dr. Erwin Zainul Hakim menyampaikan, jenazah label B289 teridentifikasi secara sekunder. Dia diketahui laki-laki berusia 7 tahun, alamat Dusun Curah Kobokan Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Atas nama Anak Andra Hanan Bin Edi Prabowo.

Kedua, label jenazah B30 telah terindetifikasi secara sekunder. Jenazah berjenis kelamin laki-laki, usia 50 tahun, beralamat di Dusun Curah Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Atas nama, Djumap.

"Semoga almarhum yang teridentifikasi husnul khotimah dan keluarga dapat menerima cobaan ini," kata dr. Erwin.

3. Potongan tubuh yang teridintifikasi milik Bawon

25 Jenazah Korban Erupsi Semeru Teridentifikasi

Lebih lanjut, Kapus Inafis, Brigjen Pol Mashudi mengatakan, terkait potongan tubuh yang teridentifikasi itu berupa kulit jari. "Kami identifikasi dengan perbandingan sidik jari, kami yakini bagian tubuh yang sampai ke posko dan kami lakukan perbandingan secara manual, maka bagiam tubuh ini milik saudara Bawon Priyono," jelas dia.

Dengan temuan ini, artinya masih 10 jenazah dan dua potongan tubuh yang belum teridentifikasi. Rinciannya, sembilan jenazah berjenis kelamin laki-laki dan satu jenazah perempuan. Sementara dua potongan tubuh masih dalam proses inafis.

Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Bagi yang ingin berdonasi untuk saudara-saudara kita yang terdampak erupsi gunung semeru dapat disalurkan ke sini

Baca Juga: Potensi Bahaya Membesar, Posko Induk SAR Bencana Semeru Dipindah

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya