Comscore Tracker

Tiga Warga Banjararum, Singosari Terpapar COVID-19 Omicron  

Sudah dirawat di Kepanjen

Malang, IDN Times - Sebanyak tiga warga Banjararum, Singosari, Kabupaten Malang dinyatakan terpapar COVID-19 varian Omicron. Informasi tersebut pertama kali muncul pada Jumat (14/1/2022) sekitar pukul 17.30 WIB. Sebagai tindak lanjut, ketiganya kemudian dievakuasi untuk segera mendapat perawatan. Sementara kawasan wilayah Desa Banjararum, Singosari sementara ditutup untuk umum demi memutus rantai penularan virus tersebut. 

1. Dua orang dewasa dan satu anak-anak

Tiga Warga Banjararum, Singosari Terpapar COVID-19 Omicron  ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Ketua RT 2 RW 10, Desa Banjararum,  Herman menjelaskan bahwa dari tiga warganya yang terpapar COVID-19 varian Omicron, dua merupakan orang dewasa berjenis kelamin perempuan. Sementara satu merupakan anak-anak berjenis kelamin laki-laki. Ketiganya sudah dievakuasi dan dipindahkan ke rusunawa Pemkab Malang untuk menjalani isolasi mandiri. 

"Untuk detailnya saya tidak tahu pasti. Tetapi tiga orang yang terpapar COVID-19 varian Omicron tersebut merupakan satu keluarga yang terdiri dari ibu dan anak sama cucunya satu," paparnya Sabtu (15/1/2022). 

2. Langsung lakukan tracing hingga 20 rumah

Tiga Warga Banjararum, Singosari Terpapar COVID-19 Omicron  ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih jauh, Herman menambahkan bahwa usai diketahui ada tiga warganya yang terpapar varian Omicron, maka tracing langsung dilakukan. Bahkan, tracing dilakukan menyeluruh hingga radius 20 rumah. Warga yang tinggal berdekatan dengan pasien dilakukan swab PCR, sementara yang agak jauh dilakukan tes antigen. Untuk sementara warga lingkungan sekitar keluarga tersebut diminta untuk membatasi aktivitas jika memang tidak ada keperluan mendesak. 

"Sementara ditutup selama 7 hari. Bagi warga luar sementara tidak diperkenankan masuk jika tidak ada kepentingan yang mendesak," tambahnya. 

Baca Juga: RSUD Dolopo Madiun Rawat Pasien COVID-19 Varian Omicron 

3. Pastikan sudah mendapat perawatan

Tiga Warga Banjararum, Singosari Terpapar COVID-19 Omicron  ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menyebut bahwa pihaknya langsung melakukan tracing dan isolasi begitu diketahui ketiga warganya terpapar virus COVID-19, varian Omicron. Ketiga pasien juga sudah dipastikan mendapat perawatan dan dalam kondisi baik. 

"Ketiganya sudah diisolasi dan di-tracing. Lingkungan tempat tinggal mereka untuk sementara waktu disiagkan petugas satgas untuk memantau situasi lingkungan," tandasnya. 

Baca Juga: Pulang dari Hong Kong, Warga Madiun Terindikasi COVID-19 Jenis Omicron

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya