Comscore Tracker

Puncak Libur Lebaran, Pengunjung Jatim Park 2 Tembus 5 Ribu Sehari

Pengunjung Jatim Park Group tembus 35 ribu

Batu, IDN Times - Hari Raya Idul Fitri 1443 hijriah membawa berkah tersendiri bagi berbagai kalangan. Pelonggaran aturan mudik membuat destinasi wisata kembali menjadi sasaran utama para pemudik. Seperti yang terjadi di Jawa Timur Park 2, pada lebaran kali ini, wisata yang berada di Kota Batu ini kembali mengalami lonjakan jumlah wisatawan. 

1. Puncak kunjungan pada H+2 dan H+3

Puncak Libur Lebaran, Pengunjung Jatim Park 2 Tembus 5 Ribu SehariSuasana wisatawan di Jatim Park 2 saat Idul Fitri 1443 hijriah. Dok/istimewa

Guest Relation Officer Jatim Park 2, Edo Mayranda menjelaskan bahwa tahun ini tingkat kunjungan wisatawan semakin membaik. Meskipun masih di bawah kapasitas yang tersedia, tetapi Edo menyebut bahwa terjadi peningkatan hingga lebih dari 100 persen. Puncak kunjungan sendiri terjadi pada hari Rabu dan Kamis kemarin. Saat ini total wisatawan yang masuk ke Jatim Park 2 mencapai 5.000 orang per hari. 

"Kalau sebelumnya rata-rata 3 ribu orang per hari. Tetapi pada akhir pekan ini intensitas justru menurun. Karena banyak wisatawan yang sudah mulai kembali untuk persiapan bekerja lagi," urainya Sabtu (7/5/2022). 

Baca Juga: Kunjungan Wisata Jatim Park 2 Mulai Menggeliat

2. Siapkan fasilitas maksimal

Puncak Libur Lebaran, Pengunjung Jatim Park 2 Tembus 5 Ribu SehariInstagram/dinopark.jtp3

Lebih jauh, Edo menambahkan bahwa tahun ini antusiasme wisatawan memang cukup tinggi. Untuk itu, pihak manajemen Jatim Park 2 sudah melakukan persiapan sejak tiga bulan lalu guna menyambut libur lebaran kali ini. Salah satunya adalah dengan menambah koleksi satwa baru dan wahana permainan baru.

Setidaknya, ada dua koleksi satwa baru yang dimiliki Jatim Park 2 atau lebih dikenal dengan Secret Zoo yakni White Face Saki Monkey dan Emperor Tamarin. Selain itu ada juga wahana permainan baru berupa flying kites yang juga disiapkan untuk libur lebaran kali ini. 

"Kami memang sudah mempersiapkan semuanya dengan maksimal. Meskipun pengunjung yang datang masih belum mencapai batas target yang diperbolehkan. Tetapi ini sudah lebih baik dibandingkan tahun kemarin," imbuhnya. 

3. Wisatawan tetap diwajibkan taat prokes

Puncak Libur Lebaran, Pengunjung Jatim Park 2 Tembus 5 Ribu SehariTaman bermain yang disediakan pada zona outdoor di Baloga. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk antisipasi, pihak pengelola juga tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat. Wisatawan tetap diwajibkan memakai masker guna menghindari adanya potensi penyebaran kasus COVID-19 lagi. Terlebih Jatim Park 2 merupakan satu dari 20 destinasi wisata percontohan untuk penerapan prokes yang ditetapkan oleh Kemenparekraf beberapa waktu lalu. 

"Saat ini untuk penerapan prokes standar sudah dilakukan dengan baik. Bahkan sepertinya sudah menjadi kebiasaan baik," sambungnya. 

4. Total 35 ribu wisatawan kunjungi Jatim Park Group

Puncak Libur Lebaran, Pengunjung Jatim Park 2 Tembus 5 Ribu SehariIDN Times/Reza Iqbal

Sementara itu, Manager Marketing dan Public Relations Jatim Park Group, Titik S Arianto menyebut bahwa dalam rentang tanggal 2-8 Mei 2022, total pengunjung mencapai sekitar 150 ribu wisatawan. Rata-rata per harinya kunjungan wisatawan kisaran 25 ribu diseluruh destinasi wisata di bawah naungan Jatim Park Group. Puncak kunjungan terjadi pada Rabu dan Kamis kemarin dimana kunjungan harian mencapai 35 ribu orang. Setelah itu, pada hari Jumat, kunjungan mulai melandai dan kemacetan menuju Kota Batu mulai berkurang. 


"Total kunjungan harian itu merupakan rekapitulasi gabungan dari seluruh destinasi di bawah naungan Jatim Park Group. Total ada 14 destinasi milik Jatim Park Group," tandasnya. 

Baca Juga: Genjot Kunjungan, Jatim Park Siapkan Berbagai Kejutan Baru

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya