Comscore Tracker

Percepat Herd Immunity, Kota Malang Target 14-20 Ribu Vaksin per Hari

Bulan Agustus ditargetkan 550 ribu warga sudah divaksinasi

Malang, IDN Times - Pemkot Malang mematok target angka vaksinasi pada bulan Agustus bisa menyentuh angka 550 ribu orang. Untuk mencapai target tersebut, mereka memperbanyak suntikan vaksinasi menjadi 14-20 ribu per hari. 

1. Gunakan jatah vaksin dosis kedua

Percepat Herd Immunity, Kota Malang Target 14-20 Ribu Vaksin per HariSutiaji saat memantau proses vaksinasi di Stadion Gajayana. Dok/istimewa

Selain menambah jumlah vaksinasi harian, Pemkot Malang juga menggunakan jatah vaksin dosis kedua untuk suntikan pertama. Maklum, jatah untuk dosis pertama sudah habis.

"Kami lakukan upaya percepatan-percepatan agar cakupan vaksin lebih luas lagi. Karena untuk jatah dosis pertama sudah habis, maka kami gunakan jatah vaksin dosis kedua untuk dosis pertama," papar Wali Kota Malang, Sutiaji, Selasa (6/7/2021). Upaya percepatan ini, kata Sutiaji, juga sejalan dengan minat masyarakat. Meski sempat terjadi pro kontra, kini mereka mulai antusias. Bahkan, beberapa hari lalu, peserta vaksinasi di  fasilitas kesehatan sekitar stadion Gajayana membludak hingga membuat petugas kewalahan.

2. Untuk capai herd immunity, vaksinasi minimal 70 persen

Percepat Herd Immunity, Kota Malang Target 14-20 Ribu Vaksin per HariSutiaji saat memantau proses vaksinasi di Stadion Gajayana. Dok/istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif menjelaskan bahwa saat ini total sudah ada 216 ribu masyarakat yang tervaksinasi. Jumlah tersebut tentu masih jauh dari target 550 ribu

"Karena untuk mencapai herd immunity itu paling tidak vaksinasi harus sudah mencapai 70 persen. Makanya ini kami tengah mengejar agar vaksinasi bisa lebih cepat dilakukan," kata Husnul Miarif.

Baca Juga: Syarat Vaksinasi Tak Wajib untuk Perjalanan di Luar Jawa dan Bali

3. Habiskan dosis terrsisa sebelum ajukan lagi

Percepat Herd Immunity, Kota Malang Target 14-20 Ribu Vaksin per HariVaksin COVID-19 Tahap 3 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Maya Aulia)

Husnul menyebut bahwa saat ini masih ada 64 ribu dosis vaksin yang akan segera didistribusikan ke Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes). Jumlah tersebut harus habis dalam pekan ini. Baru setelah itu pihaknya akan kembali mengajukan kepada provinsi agar kembali mendapat vaksin tambahan. 

"Perlu diketahui semua bahwa vaksin yang digunakan ini aman dan halal. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan takut untuk divaksinasi," tambahnya. 

Baca Juga: Hore! Akan Ada Sentra Vaksinasi di 3 Stasiun Ini

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya