Jelang Nataru, Kepolisian Larang Adanya Sweeping di Malang

Untuk jaga kondusifitas lingkungan

Malang, IDN Times - Persiapan pengamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru sudah dilakukan oleh Forkopimda Kota Malang. Ratusan personel gabungan disiapkan untuk menjaga kondusifitas Kota Malang selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Petugas kepolisian juga melarang adanya aktifitas yang berpotensi mengganggu kondusifitas keamanan seperti sweeping.

1. Larang ormas lakukan sweeping

Jelang Nataru, Kepolisian Larang Adanya Sweeping di MalangApel siaga persiapan pengamanan Nataru. Dok/ Istimewa

Demi menjaga kondusifitas, kepolisian mengeluarkan larangan kepada siapapun untuk melakukan sweeping. Hal itu demi menjaga kondusifitas selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Apalagi kota Malang merupakan salah satu lokasi perayaan Natal. Terutama para mahasiswa dari luar kota Malang. 

"Kami tidak izinkan adanya sweeping. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada aksi sweeping," papar Kapolresta Malang, AKBP Leonardus Simarmata Kamis (19/12/2019). 

2. Siapkan empat pos pengamanan

Jelang Nataru, Kepolisian Larang Adanya Sweeping di MalangTim gabungan juga melakukan pemusnahan miras. Dok/ Istimewa

Lebih jauh, Leo menjelaskan bahwa selama perayaan Natal dan Tahun Baru pihaknya menyiapkan empat pos pengamanan. Empat pos pengamanan tersebut disiapkan berada di dekat tempat ibadah. Hal itu juga sebagai antisipasi serta pengamanan agar mereka yang merayakan Natal dan Tahun Baru bisa tenang. 

3. Imbau masyarakat tak lakukan konvoi

Jelang Nataru, Kepolisian Larang Adanya Sweeping di MalangIlustrasi konvoi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Di sisi lain, Leo juga meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan konvoi saat malam pergantian tahun. Hal itu sebagai antisipasi agar perayaan malam pergantian tahun lebih kondusif. Sebab, pada malam pergantian tahun kondisi lalu lintas cenderung lebih padat. Sehingga peluang adanya insiden di jalanan menjadi lebih besar. 

"Kami mengimbau agar masyarakat tidak melakukan konvoi," sambungnya. 

Baca Juga: Pengamanan Nataru, Polres Lamongan Gandeng Perguruan Silat

4. Libatkan banyak elemen

Jelang Nataru, Kepolisian Larang Adanya Sweeping di MalangWali Kota Malang Mochammad Anton melihat kesiapan pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Kamis (19/12/2019). Dok/ Istimewa

Sementara itu, untuk proses pengamanan Natal dan Tahun Baru, tim keamanan yang disiapkan merupakan tim gabungan dari berbagai unsur. Berbagai unsur gabungan tersebut diantaranya TNI, Polri, Pol PP, Dishub, hingga Linmas. Mereka akan secara bergantian berjaga untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. 

"Untuk pos operasi Lilin akan mulai beroperasi pada 23 Desember hingga 01 Januari 2019," tandasnya. 

Baca Juga: Ada Potensi Sweeping Saat Nataru, Polda Jatim Gandeng Ormas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya