BPJS Kota Malang Miliki Tunggakan Rp600 Miliar kepada Mitra 

Tunggakan karena beberapa faktor

Malang, IDN Times - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) cabang Malang masih memiliki tanggungan yang tak sedikit. Setidaknya, BPJS masih memiliki tanggungan terhadap mitra kerja sebesar Rp600 miliar. Tanggungan tersebut sejauh ini masih belum terbayarkan lantaran masih menunggu urutan klaim dari mitra. Selain itu, tunggakan muncul dari beberapa sebab. 

1. Keterlambatan iuran peserta

BPJS Kota Malang Miliki Tunggakan Rp600 Miliar kepada Mitra IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Salah satu penyebab lain tunggakan pembayaran tersebut juga tak lepas dari kedisiplinan peserta. Pasarnya memang beberapa peserta kerap terlambat dalam membayar iuran BPJS. Hal itu berimbas pada pembayaran BPJS kesehatan kepada mitra kerja. Hal itu seperti diungkapkan oleh Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kantor Cabang Malang, Wenan Setyo Nugroho, Jumat (15/11). 

"Total Rp600 Miliar itu hanya dari periode Agustus hingga Oktober 2019," paparnya. 

2. Tetap prioritaskan penyelesaian tanggungan

BPJS Kota Malang Miliki Tunggakan Rp600 Miliar kepada Mitra IDN Times/Wayan Antara

Di sisi lain, pihak BPJS saat ini masih terus memprioritaskan penyelesaian tanggungan. Akan tetapi untuk rumah sakit maupun klinik mitra kini tak perlu khawatir klaimnya tak terbayar. Pasalnya mereka bisa mendapat dana talangan dari bank mitra BPJS. Sehingga semua klaim kebutuhan bisa terbayar. 

"Mereka bisa mengajukan klaim kepada bank mitra BPJS. Sejauh ini sudah ada 14 rumah sakit yang menggunakan cara tersebut," tambahnya. 

3. Imbau masyarakat tertib bayar iuran

BPJS Kota Malang Miliki Tunggakan Rp600 Miliar kepada Mitra Kegiatan masyarakat Balikpapan di loket layanan BPJS Kesehatan - IDN Times/Maulana

Sementara itu, Wenan mengmbau masyarakat untuk bisa membayar iuran tepat waktu. Sehinhga hal tersebut tak membuat beban dari BPJS kesehatan semakin berat. Walaupun diakuinya untuk Malang pembayaran iuran BPJS sudah lebih tertib jika dibandingkan dengan daerah lain. 

"Wilayah Malang terhitung cukup tertib daripada tempat lain di Jatim," sambungnya. 

4. Sudah cukup banyak mitra BPJS

BPJS Kota Malang Miliki Tunggakan Rp600 Miliar kepada Mitra Google/BPJS Kesehatan

Terlepas dari itu, saat ini sudah cukup banyak mitra BPJS di wilayah Malang. Setidaknya ada 42 rumah sakit dan 6 klinik utama yang sudah bermitra dengan BPJS. Jumlah tersebut diharapkan bisa terus bertambah agar juga memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan. 

"Kami prioritaskan untuk daerah yang kurang rumah sakitnya. Kami mendorong agar rumah sakit maupun klinik yang belum bekerja sama bisa bergabung dengan kami," tandasnya. 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya