Angin Kencang di Batu, Petugas Belum Putuskan Upaya Evakuasi

Kecepatan angin sudah menurun

Batu, IDN Times - BPBD Kota Batu masih terus memantau situasi di kawasan Sumberbrantas usai dilanda angin kencang, Minggu pagi (17/11). Sejauh ini, tim masih memantau situasi terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan upaya evakuasi kepada warga. Pasalnya, update terkini, kecepatan angin sudah mulai menurun. 

1. Masih tunggu hingga tengah hari

Angin Kencang di Batu, Petugas Belum Putuskan Upaya EvakuasiKondisi kawasan Sumberbrantas usai kembali dilanda angin kencang. Dok BPBD Kota Batu

Sejauh ini BPBD Kota Batu belum memutuskan untuk mengevakuasi warga. Mereka masih sebatas mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di luar rumah.

"Kami masih menunggu hingga pukul 13.00 WIB untuk memastikan kondisi," papar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim. 

2. Relawan sudah berkumpul untuk persiapan evakuasi

Angin Kencang di Batu, Petugas Belum Putuskan Upaya EvakuasiSejumlah relawan tanggap bencana sudah siap. Dok/ BPBD kota Batu

Kendati demikian, sejumlah tim relawan sudah berkumpul di beberapa titik. Mereka bersiap jika sewaktu-waktu warga di tiga wilayah yang terdampak angin kencang dievakuasi. Sebagian tim relawan juga sudah menyiapkan tempat aman untuk perlindungan warga. 

"Beberapa titik pengungsian seperti Balai desa Tulungrejo, Punten, Sumbergondo dan Punten, Sumbergondo hingga Sidomulyo (sudah siap) jika sewaktu-waktu ada rekomendasi evakuasi,' tambahnya. 

Baca Juga: Dua Pekan, 12 Daerah di Jatim Diterjang Angin Kencang

3. Jalur Mojokerto-Batu via Cangar masih ditutup

Angin Kencang di Batu, Petugas Belum Putuskan Upaya EvakuasiPemandian Cangar. https://web.facebook.com/amerilia Safitri

Hingga saat ini jalur Mojokerto-Batu via Cangar masih ditutup demi keselamatan pengendara. Bahkan, beberapa lokasi wisata seperti Coban Talun dan Cangar juga tak beroperasi. 

"Jalan alternatif sementara ditutup, termasuk beberapa lokasi wisata," sambungnya. 

4. Listrik padam

Angin Kencang di Batu, Petugas Belum Putuskan Upaya EvakuasiKondisi angin kencang di Desa Sumberbrantas, Kota Batu, Minggu (17/11). Dok. BPBD Jatim

Sejauh ini kondisi di kawasan Sumberbrantas masih dalam pantauan. Namun, efek dari angin kencang pagi tadi, listrik di kawasan tersebut masih padam. Beberapa pohon juga tumbang karena tak kuat menahan hempasan angin. 

"Terpantau juga beberapa atap rumah mengalami kerusakan," pungkas Rochim. 

Baca Juga: Pagi Ini, Tiga Desa di Batu Diterjang Angin Kencang

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya