UB Berikan Gelar Doktor Honoris Causa ke Surya Paloh 

Sepakat gaes?

Malang, IDN Times  - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP Universitas Brawijaya (UB) memberikan gelar doktor honoris causa kepada Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem, Surya Dharma Paloh. Pemberian gelar Doktor Honoris Causa itu dilakukan di Gedung Samantha Krida, UB, Senin (25/7/2022). 

1. Proses penetapan cukup lama

UB Berikan Gelar Doktor Honoris Causa ke Surya Paloh Surya Paloh saat proses penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa. Dok/Humas FISIP UB

Dekan FISIP Universitas Brawijaya, Sholeh Muadi menjelaskan bahwa pemberian gelar Doktor Honoris Causa tidaklah sembarangan. Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh tokoh atau orang yang akan mendapat gelar kehormatan tersebut. Berdasarkan kajian dan penilaian kelayakan, secara cermat Surya Paloh dinilai layak mendapatkan gelar tersebut. Hal tersebut sesuai hasil kajian dari akademisi Universitas Brawijaya, termasuk Ketua Senat Universitas Brawijaya.

"Kelayakan calon sudah kami pelajari. Termasuk rekam jejak tokoh tersebut sebelum diputuskan menjadi penerima doktor honoris causa. Dari kriteria yang ditetapkan, sosok Surya Paloh layak diberikan Doktor Honoris Clausa," ucapnya Senin (25/7/2022).

2. Surya Paloh punya rekam jejak bagus

UB Berikan Gelar Doktor Honoris Causa ke Surya Paloh Surya Paloh saat dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa. Dok/Humas FISIP UB

Sholeh menambahkan bahwa salah satu faktor penetapan Surya Paloh dianggap layak mendapat gelar Doktor Honoris Causa adalah terkait rekam jejaknya. Surya dinilai memiliki rekam jejak bagus, termasuk aktif dalam pembebasan sandera di Filipina beberapa waktu lalu. 

"Ini catatan yang saya kira tidak akan bisa terhapus. Kemudian beliau juga pencetus ide restorasi Indonesia dengan ide politik tanpa mahar. Sumbangsihnya dalam menelurkan gagasan sosiologi kebangsaan juga patut diperhitungkan," imbuhnya. 

Baca Juga: Mahathir Mohamad: Surya Paloh Sudah Lebih Maju

3. Peran dalam dunia politik juga cukup besar

UB Berikan Gelar Doktor Honoris Causa ke Surya Paloh Proses pemberian gelar Doktor Honoris Causa pada Surya Paloh. Dok/Humas FISIP UB

Tak hanya sampai disitu saja, Surya Paloh juga dinilai memiliki peran besar dalam dunia politik di Indonesia. Gagasan-gagasan yang ia keluarkan terkait politik kebangsaan sedikit banyak mampu memberi warna baru pada kancah perpolitikan tanah air. 

"Gagasan - gagasan itu menurut kami adalah hal luar biasa. Terlebih, beliau juga menyampaikan semacam temuan-temuan baru terkait politik yang tentu bisa jadi guidance di masa yang akan datang," sambungnya. 

Sebelum mendapat gelar Doktor Honoris Causa, kata Sholeh, sosok Surya Paloh juga dikenal berprestasi. Salah satunya dibuktikan dengan gelar profesor dari Beijing University serta bintang Mahaputra dari pemerintah Indonesia. "Saya berharap ini juga bisa menjadi jembatan bagi FISIP dalam rangka membina mahasiswa agar punya pemikiran - pemikiran politik kebangsaan yang bagus," pungkasnya. 

Baca Juga: Raih Gelar Kehormatan Unibraw, Surya Paloh Ingatkan Politik Kebangsaan

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya