Comscore Tracker

Erupsi Semeru Mereda, Ratusan Gardu Listrik Kembali Teraliri Daya

PLN masih mematikan listrik di wilayah paling terdampak

Lumajang, IDN Times - Upaya penanganan bencana erupsi Gunung Semeru terus dilakukan. Terbaru, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memulihkan jaringan listrik di sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). 

Sejauh ini, sudah ada 116 gardu listrik dari 121 gardu yang sudah dipulihkan. Gardu tersebut merupakan tiang yang menyangga aliran listrik untuk hampir 30 ribu penduduk di wilayah Pronojiwo, Rowokangkung, Candipuro dan Pasirian. "Beberapa gardu masih dipadamkan karena berada pada wilayah yang terdampak cukup parah," kata Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo.

Baca Juga: Erupsi Semeru, Posko di Ampelgading Didirikan Polres Malang

1. PLN terjunkan tiga unit genset

Erupsi Semeru Mereda, Ratusan Gardu Listrik Kembali Teraliri DayaGunung Semeru muntahkan Awan Panas Guguran (APG) setinggi kurang lebih 1.500 meter, Minggu (4/12)/2022)/ dok BNPB

Menurut Darmawan, wilayah yang saat ini sedang mengalami pemadaman listrik adalah wilayah yang kosong penduduk, alias wilayah yang ditinggal mengungsi. PLN juga menerjunkan sejumlah tim dan ambulans di lokasi terdampak erupsi. Tim tersebut bertugas untuk membantu para penduduk dan juga sebagai fasilitator penyalur bantuan.

Darmawan menyatakan, PLN juga sudah menerjunkan sebanyak tiga unit genset bergerak untuk menunjang kebutuhan listrik bagi penduduk yang sedang mengungsi. Hingga laporan ini ditulis, secara visual Gunung Semeru masih terpantau aktif mengeluarkan abu vulkanik. Meskipun volumenya tidak sebesar erupsi di hari pertama, Minggu (4/12/2022) dini hari.

2. Kepulan asap Semeru masih setinggi 500 meter

Erupsi Semeru Mereda, Ratusan Gardu Listrik Kembali Teraliri DayaAktivitas APG gunung Semeru. (Dok. BPBD Lumajang).

Sementara itu, kepulan asap erupsi Semeru sendiri masih terlihat jelas membumbung tinggi dari puncak Gunung Semeru. Diperkirakan, kepulan asap tersebut membumbung tinggi sekitar 500 meter hingga 1000 meter dari puncak kawah.

"Aktivitas cenderung mereda walaupun 2 jam lalu masih teramati ada awan panas kecil sejauh 7 km," ungkap Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, Hendra Gunawan.

3. Semeru kembali erupsi pada hari Minggu

Erupsi Semeru Mereda, Ratusan Gardu Listrik Kembali Teraliri DayaGunung Semeru (Dok. BNPB)

Diberitakan sebelumnya, gunung Semeru kembali mengalami erupsi sejak beberapa hari ini. Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), perkembangan terakhir aktivitas Semeru 1 November 2022 hingga 2 Desember 2022 pukul 24.00 WIB, terjadi letusan abu terjadi dengan rata-rata 88 kali erupsi per hari.

"Awan panas guguran terjadi dua kali dengan jarak luncur maksimal mencapai 4.5 km dari puncak. Asap kawah utama teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal dan tinggi mencapai 50-1.500 meter dari puncak," tulis laporan PVMBG di laman resminya dikutip Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Erupsi Semeru, Posko di Ampelgading Didirikan Polres Malang

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya