Muncul Api di Atas Gunung, Hutan Ijen Banyuwangi Terbakar Lagi?

Musim kemarau dapat memicu api di lahan kering

Banyuwangi, IDN Times - Sebuah kebakaran teramati di kawasan hutan pegunungan Ijen, Kamis (10/9/2023) pagi. Sumber api pertama kali dilaporkan oleh sejumlah relawan kebencanaan pada Rabu (9/9) malam sekitar pukul 18.00 WIB. Dari Banyuwangi, kobaran api jelas teramati dari sejumlah titik di Kecamatan Licin dan beberapa Kecamatan di sekitar kaki Ijen.

"Ada titik api terlihat di atas gunung. Semakin membesar dan meluas," tulis salah satu relawan Ali Affan yang mengabarkan penyebaran api.

1. Sebanyak 20 hektare lahan terbakar

Muncul Api di Atas Gunung, Hutan Ijen Banyuwangi Terbakar Lagi?Kebakaran di kawasan pegunungan Ijen. (Istimewa)

Data sementara, diketahui sumber api yang melahap kawasan hutan berada di wilayah Kabupaten Bondowoso. Api berada di kawasan Kawah Wurung dan membakar petak Petak 90A, 91D, 92C. Informasi sementara, ada sekitar 20 hektare lahan yang terbakar. Dengan rincian petak 90A seluas 1 hektare, 91D seluas 18,5 hektare dan petak 92C seluas 0,5 hektare.

2. Upaya pemadaman dilakukan

Muncul Api di Atas Gunung, Hutan Ijen Banyuwangi Terbakar Lagi?Kebakaran di kawasan pegunungan Ijen. (Istimewa)

Menurut laporan yang diterima, kebakaran terjadi pada lahan kosong di kawasan Kawah Wurung. Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait. Saat ini, BPBD Bondowoso bersama stakeholder terkait masih melakukan upaya pemadaman di lokasi titik api.

3. Asal usul api

Muncul Api di Atas Gunung, Hutan Ijen Banyuwangi Terbakar Lagi?Kebakaran di kawasan pegunungan Ijen. (Istimewa)

Berdasarkan laporan sementara yang dihimpun, api bersumber dari ilalang dan semak belukar. Diduga kuat kebakaran terjadi karena faktor cuaca yang cukup ekstrem sehingga menyebabkan semak belukar mengering. Sehingga gesekan semak-semak dengan mudah dapat memicu terjadinya kebakaran.

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya