Hujan Ekstrem di Banyuwangi Reda, Gunung Raung Kebakaran

Ini bukan kali pertama kebakaran terjadi

Banyuwangi, IDN Times - Pada Senin 17 Juli 2023, beredar sebuah video kobaran api yang menyala di kaki Gunung Raung, Banyuwangi, Jawa Timur. Dari video yang diterima IDN Times, nampak api tersebut membakar sejumlah luasan hutan di titik Utara kaki Raung.

1. Diduga api dari ilalang yang terbakar terik matahari

Hujan Ekstrem di Banyuwangi Reda, Gunung Raung KebakaranKebakaran hutan kaki Gunung Raung, Senin 17 Juli 2023. (FOTO: Istimewa)

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Mujito, belum mengetahui penyebab pasti darimana sumber api berasal. Dugaan sementara, bara api bersumber dari teriknya matahari yang kemudian membakar ilalang dan menyebar ke ranting dan kayu kering.

"Belum dipastikan sumbernya. Masih belum ada laporan lagi dari petugas yang saat ini sedang turun ke lokasi kebakaran," kata Mujito, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga: Nyaris Setiap Hari Warga Desa Aliyan Banyuwangi Kesurupan

2. Titik kebakaran merupakan hutan perbatasan

Hujan Ekstrem di Banyuwangi Reda, Gunung Raung KebakaranKebakaran hutan kaki Gunung Raung, Senin 17 Juli 2023. (FOTO: Istimewa)

Dari video yang beredar luas, diperkirakan kebakaran tersebut terjadi cukup luas. Pada malam hari saat kejadian, kaki Gunung Raung bahkan nampak memerah dengan kepulan asap membumbung tinggi. Mujito menyebut, lokasi kebakaran berada di titik perbatasan Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

"Tadi malam laporan masuk. Dari informasi, sementara diketahui letaknya berada di perbatasan antara Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso," jelasnya.

Mujito menyebut, dari video yang beredar, posisi pengambilan gambar dilakukan dari titik Kecamatan Wongsorejo. Dari titik tersebut, kobaran api bisa nampak sangat jelas.

3. Banyuwangi Utara cukup terik, suhu mencapai 31 derajat

Hujan Ekstrem di Banyuwangi Reda, Gunung Raung KebakaranGunung Raung terlihat dekat dari Wisata Telunjuk Raung Banyuwangi. (Instagram/ telunjukraung-banyuwangi)

Hingga berita ini ditulis, Mujito menyebut bahwa titik api pada siang ini sudah tidak lagi teramati. Kepulan asap juga tidak lagi nampak. Sementara untuk saat ini, cuaca di Banyuwangi wilayah Utara hingga ke sisi Gunung Raung cukup terik. Terpantau, suhu di Kecamatan Wongsorejo saat ini mencapai 31 derajat Celcius.

"Sudah padam. Untuk laporan lebih lanjut kita menunggu petugas yang turun ke lokasi. Sementara dilaporkan itu merupakan hutan tak berpenghuni,
" jelasnya.

Baca Juga: Durian Banyuwangi Panen Raya, Rasanya Tak Semanis Dulu 

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya