Adian Sebut Pendukung Ganjar Mulai Lepaskan Pengaruh Jokowi

PDIP targetkan 75 persen suara di Jatim

Malang, IDN Times - Deklarasi Relawan Pro Jokowi (Projo) yang menyatakan dukungan pada Prabowo Subianto membuat internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terpecah. Mereka bahkan siap mengawal Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) meskipun tanpa dukung dari Joko Widodo.

Kader PDIP dan pendukung Ganjar Pranowo mengaku tidak nyaman pada Jokowi yang tidak dengan tegas menyatakan dukungan pada Ganjar. Bahkan, manuver kedua putra Presiden Republik Indonesia (RI), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, justru terkesan cenderung mendukung Prabowo Subianto. Kini, mereka mengaku sudah mulai melepaskan pengaruh Jokowi. 

1. Kader PDIP siap memenangkan Ganjar meskipun tanpa dukungan Jokowi

Adian Sebut Pendukung Ganjar Mulai Lepaskan Pengaruh JokowiWakil Ketua TKRPP 2024 PDIP, Adian Napitupulu saat bertemu Relawan Malang Raya. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) 2024 PDIP, Adian Yunus Yusak Napitupulu menegaskan jika kader PDIP dan Relawan Ganjar Pranowo akan tetap mendukung mantan Gubernur Jawa Tengah ini meskipun tanpa dukungan Jokowi. Mereka menegaskan akan militan agar Ganjar memenangkan kursi RI1.

"Bersama atau tidak bersama Jokowi, Ganjar harus menang. Saya percaya Ganjar Pranowo yang terbaik untuk Indonesia," tegasnya saat pertemuan dengan Relawan Malang Raya di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) yang ada di Jalan Tumenggung Suryo Nomor 39, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang pada Senin (16/10/2023).

Adian mengingatkan agar para pendukung Ganjar Pranowo tidak perlu terpengaruh pada isu-isu liar di luar sana. Ia menyatakan mereka harus solid mendukung Ganjar dalam kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. "Calon pemimpin kita harus memiliki rekam jejak yang jelas. Dan inilah yang jadi pertimbangan untuk memantapkan dukungan pada Ganjar Pranowo," tegasnya.

Baca Juga: Emil Dukung Putusan MK, Sinyak Gibran Cawapres Prabowo?

2. Adian mengatakan jika target suara Ganjar di Jawa Timur adalah 75 persen

Adian Sebut Pendukung Ganjar Mulai Lepaskan Pengaruh JokowiGanjar Pranowo saat melaksanakan orasi kebangsaan di YPAC Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Adian mengatakan jika sebelumnya pada Pilpres 2019, suara Jokowi-Ma'aruf di Jawa Timur tercatat mencapai 65 persen. Suara dari Jawa Timur ini yang mengantarkan Jokowi melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua sebagai Presiden RI. Oleh karena itu, kini PDIP menargetkan suara 75 persen di Jawa Timur untuk Ganjar.

"Kita memiliki tekat untuk meningkatkan jumlah suara di Jawa Timur setidaknya naik 10 persen. Jadi kalau dulu kita berhasil mendapatkan suara 65 persen, sekarang seharusnya kita bisa naikkan menjadi 75 persen," bebernya.

Namun, langkah ini bukan perihal mudah bagi PDIP. Pasalnya, relawan Projo yang dulu solid mendukung PDIP kini suaranya terpecah antara Ganjar dan Prabowo. Sehingga kemungkinan suara Projo Jawa Timur tidak akan utuh mendukung Ganjar.

3. Ketua DPC PDIP Kota Malang mengatakan jika Projo Kota Malang mendukung Ganjar

Adian Sebut Pendukung Ganjar Mulai Lepaskan Pengaruh JokowiLogo Relawan Projo. (Instagram/@dppprojo)

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, menegaskan jika Projo Kota Malang telah satu suara mendukung Ganjar. Oleh karena itu, ia tidak merisaukan deklarasi Projo di Senayan yang mendukung Prabowo. Made juga berpendapat jika deklarasi tersebut adalah hak masing-masing pribadi.

"Meskipun Projo pecah menjadi beberapa bagian, tapi Projo Kota Malang jelas mendukung Ganjar Pranowo. Mereka sudah ada di barisan relawan yang hadir pada hari ini," bebernya.

Made menjelaskan jika dalam pertemuan Relawan Malang Raya di YPAC Kota Malang, ada 48 organ pendukung Ganjar Pranowo yang hadir. Mereka seharusnya membawa sekitar 10 orang dalam pertemuan ini. Sehingga seharusnya ada sekitar 300 orang yang hadir dalam pertemuan tersebut. "Tetapi yang datang hari ini membludak dibandingkan rencana awal. Karena antusiasnya warga Malang, ada setidaknya 600 orang yang datang hari ini," pungkasnya.

Baca Juga: Ganjar Makin Rajin Safari Politik ke Malang, Ada Apa?

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya