KPK Geledah Biro Kesra Pempov Jatim Bawa Satu Koper Merah

Isinya apa ya pak?

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekertariat Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Jumat (16/8/2024). Meraka membawa satu buah koper warna merah. 

Pantauan IDN Times di lapangan, terlihat sejumlah petugas turun dari lantai lima. Salah petugas tersebut membawa koper berwarna merah yang diduga berisi barang bukti. Meraka tidak mengenakan rompi KPK. 

Di antara para petugas itu terlihat pula ada dua orang anggota polisi membawa senjata laras panjang. Polisi tesebut sebelumnya telah berjaga di lantai lima Biro Kesra. Mereka kemudian keluar dari gedung Sekretariat Pemprov Jatim tanpa mengeluarkan satu dua patah kata. 

Usai keluar dari gedung, mereka terlihat masuk ke dalam mobil Inova warna hitam. Barang bukti koper merah pun dimasukkan ke dalam koper dan bergegas meninggalkan area kantor Gubernur Jawa Timur. 

Seperti diberitakan sebelumnya, kegiatan penggeledahan diketahui berlangsung sejak Jumat pagi. Selama penggeledahan petugas bersenjata laras panjang nampak berjaga di lantai lima Biro Kesra Pemprov Jatim.

"Foto dari luar saja, temen-temen media menunggu di bawah," ujar salah satu petugas bersenjata laras panjang dan meminta media menunggu di lantai bawah.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto membenarkan adanya penggeledahan tersebut. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari pengusutan kasus dana hibah.

"Benar (penggeledahan soal rangkaian kasus dana hibah)," kata Tessa dikonfirmasi media. Sebelumnya, KPK telah menetapkan 21 orang tersangka pada babak baru kasus ini. Kasus tersebut merupakan pengembangan dari terpidana eks Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak, yang sebelumnya terjerat kasus korupsi dana hibah APBD Jatim.

Baca Juga: KPK Obok-obok Kesra Pempov Jatim Soal Pengembangan Dana Hibah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya