KBS Menambah Keluarga Baru, Anak Singa Bernama Dona dan Bima Lahir

Cute banget

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) menambah keluarga baru. Dua anak singa baru lahir. Mereka diberi nama Dona untuk singa betina dan Bima untuk jantan. Dirut PDTS KBS Choirul Anwar mengatakan, dua anak singa itu merupakan hasil pengembangbiakan alias breeding singa kerjasama KBS dengan Jatim Park. Dua indukan singa tersebut merupakan koleksi Jatim Park yang kemudian beranak di KBS. 

"Ini merupakan hasil kerja keras dari tim konservasinya KBS karena memang singa kita itu dalam posisi kemarin itu sudah tua. Kemudian dapat dari Jatim Park kita optimalkan, dan dalam jangka waktu kurang 1 tahun sudah bisa menghasilkan breeding dua anak singa," ujar Choirul. Ia menyebut, dua anak singa tersebut dalam kondisi sehat. Kini keduanya tengah disusui oleh induknya. 

"Memang ini merupakan masa transisi mereka dengan para kipernya untuk mendekat, agar mereka menjadi anak asuh yang baru dari para kiper untuk nanti bisa jinak," katanya. 

Choirul menyebut, keduanya kini sudah berusia kurang lebih empat bulan. Namun, dua anak singa itu masih belum bisa ditengok oleh pengunjung. "Karena mereka masih minum susu dari indukannya. Masih rentan. Baru ketika mereka ada variasi mau makanan lain selain susu dari induknya (bisa ditonton)," jelasnya. 

Bima dan Dona saat ini masih berada di ruang nursery. Kemungkinan bulan depan, Bima dan Dona sudah bisa muncul ke publik. "Mereka sudah dikasih makanan suplemen daging yang diiris kecil-kecil. Kalau mereka sudah dapat variasi makanan dari susu," ungkapnya. 

Nantinya, setelah Bima dan Dona sudah bisa dipertontonkan, kedua induknya akan dikembalikan ke Jatim Park. Dua induknya itu sudah tinggal di KBS selama satu tahun empat bulan. "Nanti induknya dikembalikan ke Jatim Park, anaknya di sini. Saya kepingin sekarang dikembalikan, tapi kalau masih susu itu rentan," pungkasnya. 

Baca Juga: Lebaran, KBS Buka Wahana Rumah Jamur

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya