Diresmikan Lagi, Begini Sensasi Naik Perahu di Kalimas Malam Hari

Mulai kerlip lampu, sampai menikmati sexsophone

Surabaya, IDN Times - Wisata Kalimas malam kembali diresmikan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Selasa (31/5/2022) malam. Dalam peresmian itu, Wali Kota bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyusuri sungai Wisata Kalimas dari titik Monumen Kapal Selam, menuju belakang Grahadi hingga Samping Siola.

"Warga Surabaya Insyaallah mulai besok (1/6/2022) sudah bisa menaiki wisata Kalimas," ujarnya saat meresmikan kembali Wisata Kalimas.

Wisata ini menawarkan berbagai hal-hal baru dan menarik yang bisa dinikmati pengunjung. Apa saja sih yang ditawarkan di wisata ini ? Lalu, bagaimana sensainya? Yuk simak.

1. Menikmati pemandangan kota Surabaya dari Kalimas

Diresmikan Lagi, Begini Sensasi Naik Perahu di Kalimas Malam HariSuasana menikmati wisata Kalimas, Selasa (31/5/2022) malam. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Menikmati pemandangan kota Surabaya dari Kalimas tak kalah menariknya dengan menikmati pemandangan kota dari darat. Pengunjung akan disajikan kerlap kerlip lampu di sepanjang sungai.

Di sepanjang jalur wisata Kalimas mulai dari Monumen Kapal Selam kita akan disajikan pemandangan gedung-gedung tinggi di dan kerlap kerlip lampu jembatan Jalan Pemuda. Lalu, jalan sedikit, pengunjung akan disajikan patung Suroboyo di sisi sebelah kanan.

Perahu akan terus berjalan hingga ke arah taman prestasi. Di Taman Prestasi tentunya ada banyak lampion. Di depan Taman Prestasi terlihat ada bangunan bersejarah, yakni Gedung Negara Grahadi.

Perahu kembali berjalan hingga ke taman Ekspresi. Lalu perahu akan berjalan hingga ke titik akhir yakni di belakang gedung Siola.

"Sebenarnya sungai ini tidak terlalu dalam tapi kita mempertahankan airnya, kita bekerjasama dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), kalau ini (air) turun sedikit, sudah tidak bisa jalan, pengunjung kita sediakan pelampung," ungkapnya.

2. Masyarakat bisa membeli produk UMKM apung

Diresmikan Lagi, Begini Sensasi Naik Perahu di Kalimas Malam HariSuasana menikmati wisata Kalimas, Selasa (31/5/2022) malam. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Pemerintah kota Surabaya juga telah menyediakan jajanan-jajanan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wisata Kalimas. Penjualnya ada diatas perahu yang berada di Taman Prestasi.

"Kita juga menawarkan UMKK (apung), kita juga masih menata," sebut Eri.

Wisatawan juga bisa berhenti di sejumlah titik. Bisa untuk berfoto-foto atau membeli produk UMKM.

Baca Juga: Wisata Kalimas Surabaya Diserbu Wisatawan

3. Menikmati musik sexophone

Diresmikan Lagi, Begini Sensasi Naik Perahu di Kalimas Malam HariSuasana menikmati wisata Kalimas, Selasa (31/5/2022) malam. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Hal yang tak kalah menarik lagi adalah ada pemain sexsophone di wisata ini. Alunan musik sexophone akan menambah syahduhnya malam menyusuri Kalimas.

"(Musik) akan tiap hari, karena itu adalah bagian dari pergerakan budaya kita, jadi seperti Tunjungan Romansa setiap hari, di sini (Kalimas) juga setiap hari," jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata Surabaya Wiwiek Widayati  mengatakan saat ini ada dua rute wisata Kalimas. Pertama ada di Monumen Kapal Selam hingga Siola dengan tarif Rp10 ribu, dan rute kedua dari Taman Prestasi hingga Siola dengan harga tarif Rp4 ribu.

"Jamnya kita masih operasional malam. Karena lampu biar kelihatan," pungkasnya.

Baca Juga: Perahu Kalimas Segera Buka, Bisa Jadi Rekomendasi Wisata Malam Hari 

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya