Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Haul Sunan Bonang yang ke 514

Indonesia adalah negara yang paling toleran di dunia

Tuban, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Haul Sunan Bonang yang ke 514 di Tuban, Jawa Timur, Kamis (10/8/2023), malam.

Dalam kesempatan itu, Wapres mengajak agar bersyukur berterima kasih kepada beliau dan kepada para wali semua yang menyebarkan Agama Islam di Indonesia dan di Jawa.

"Sejarah Islam nusantara telah mengukir kiprah Sunan Bonang sebagai salah satu wali songo menebar syiar Islam di tanah Jawa pada abad ke-14 Masehi. Semoga kita semua dan saya mendapatkan keberkahan dari beliau khususnya Sunan Bonang dan para wali sekalian Amin ya robbal alamin," kata Wapres. 

1. Wali itu orang-orang yang dekat dengan Allah orang yang disayang oleh Allah

Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Haul Sunan Bonang yang ke 514Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Haul Sunan Bonang yang ke 514. Dok Humas Pemkab Tuban

Wapres mengatakan, wali itu akan memberikan berkah tidak saja semasa hidupnya tapi sesudah beliau. karena Wali itu orang-orang yang dekat dengan Allah orang yang disayang oleh Allah orang yang dicintai oleh Allah. Seperti tadi disebutkan (ayat wali) bahwasanya para Wali Allah itu tidak ada rasa takut pada mereka baik di dunia maupun di akhirat.

"Tidak takut menghadapi sesuatu yang kita tidak sukai. Jadi tidak ada rasa takut walaupun menghadapi menemui sesuatu yang susah yang sulit tidak merasa takut, tenang saja. Tidak seperti kita kalau menghadapi sulit itu takut sulit ini takut sulit itu, jadi dipenuhi oleh rasa takut. Karena itu kita tidak jadi Wali. Tidak dijadikan Wali karena takut," terangnya.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Minta NU Mencetak Nakes Andal

2. Bersyukur berterima kasih kepada beliau dan kepada para wali semua para yang menyebarkan agama Islam di Indonesia ini di Jawa

Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Haul Sunan Bonang yang ke 514Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Haul Sunan Bonang yang ke 514. Dok Humas Pemkab Tuban

Wapres mengatakan, kita juga bersyukur berterima kasih kepada beliau dan kepada para wali semua para yang menyebarkan agama Islam di Indonesia ini di Jawa, sehingga orang Indonesia itu di dunia ini katanya Menurut data yang ada paling banyak yang mengucapkan kalimat Lailahaillallah, banyak. Artinya kalau bangsa Indonesia paling banyak menyebutkan Lailahaillallah berarti nanti di surga yang paling banyak mengisi surga yang ada di surga adalah orang Indonesia, amin. Karena Rasulullah SAW mengatakan siapa yang mengatakan Lailahaillallah itu akan masuk surga artinya karena yang paling banyak mengucap Lailahaillallah orang Indonesia berarti yang banyak masuk surga adalah orang Indonesia.

Walaupun mungkin ada juga yang dipanggang duluan, karena banyak maksiatnya belum tobat kalau kita itu pengen langsung masuk surga cepat tobat, dan mohon supaya kita dijaga oleh Allah diberi Inayah, kalau Rasul dan para nabi Insya Allah para Aulia itu dijaga oleh Allah kalau nabi Apalagi itu Maksum kalau kita itu dijaga minta diberi Inayah untuk pertolongan untuk bisa mengerjakan hal-hal yang menjadi kewajiban dan dijaga dari hal-hal yang tidak baik. 

"Tidak berarti kita tidak berdosa cuman kalau berdosa langsung sadar jadi orang yang dijaga oleh Allah diberi Inayah itu ada setrumnya begitu berbuat dosa langsung sadar," terangnya.

Baca Juga: Wacana Revisi UU Peradilan Militer, Ma'ruf Amin: Perlu Disempurnakan

3. Indonesia adalah negara yang paling toleran di dunia

Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Haul Sunan Bonang yang ke 514Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Haul Sunan Bonang yang ke 514. Dok Humas Pemkab Tuban

Jadi kita Alhamdulillah umat Islam Indonesia ini banyak yang mengucapkan lailahaillallah berkat siapa? Berkat para Aulia para Wali-Wali yang mengajarkan di Indonesia. Dan cara beliau berdakwah ini yang sangat menarik beliau berdakwahnya dengan cara yang santun dengan cara yang baik dengan cara yang toleran menggunakan kalimat-kalimat yang santun, menggunakan kalimat-kalimat yang baik menggunakan kalimat-kalimat yang mulia menggunakan kalimat yang lurus dengan cara yang dimengerti oleh orang itu wali-wali dulu itu.

Alhamdulillah karena itu kita bersyukur berkat tuntunan Wali itu Indonesia Kita orang Indonesia paling dikenal oleh dunia sebagai bangsa yang paling toleran di dunia. Sekarang ini sedang dibangun kehidupan yang toleran di antara umat manusia bagaimana membangun kehidupan yang toleran tidak bermusuhan di dunia oleh karena itu mereka katakan ternyata yang paling toleran di dunia itu orang Indonesia.

Beberapa waktu yang lalu ada utusan dari kelompok cendekiawan muslim dari Timur Tengah mereka datang ke tempat saya yang berpusat di Abu Dhabi yang dipimpin oleh syaikhul Azhar Profesor Tayib (cek) mengatakan kepada saya Saya datang ke Indonesia saya ingin belajar dari Indonesia karena Indonesia adalah negara yang paling toleran di dunia dan saya datang ke sini bukan untuk mengajari orang Indonesia tetapi ingin belajar dari Indonesia tentang toleransi. 

"Jadi kita dijadikan rujukan mereka datang ke sini ingin belajar dan Bahkan dia katakan para masyaikh itu sekarang ini bukan saatnya bahasa Arab diterjemahkan ke bahasa Indonesia tapi mestinya bahasa Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Arab karena apa? Karena banyak nilai-nilai luhur nilai-nilai yang baik nilai-nilai yang toleran yang diajarkan dan dipraktikkan di Indonesia sehingga Indonesia menjadi negara yang paling toleran di dunia," pungk

asnya.

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya