Beri Motivasi Siswa SMP, Risma: Kurangi Gawai dan Jangan Galau

Kira-kira Bu Risma sering galau gak ya?

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Senin (10/9) memberikan motivasi kepada murid-murid SMPN 56 Surabaya. Ia meminta para pelajar untuk tetap fokus belajar demi meraih cita-cita di masa depan. "Jadi anak-anakku semua, sekali lagi kalian tidak usah merasa galau. Kalau kalian ada masalah pasti akan ibu bantu. Kenapa, karena kalian tidak sendiri," ujarnya.

1. Batasi penggunaan gawai

Beri Motivasi Siswa SMP, Risma: Kurangi Gawai dan Jangan GalauIDN Times/Fitria Madia

Risma menyadari bahwa perkembangan era teknologi informasi begitu pesat. Namun ia tidak ingin penggunaan gawai dapat mengganggu konsentrasi anak-anak terutama dalam belajar. Ia menyadari bahwa banyak anak-anak yang menggunakan gawai terlalu berlebihan. "Jadi kalian anak-anakku yang kelas tiga, kalau ke depan ingin masuk di SMA yang bagus, mulai sekarang dibatasi dulu untuk bermain gadget dan main game," pesannya.

2. Manfaatkan fasilitas konselor

Beri Motivasi Siswa SMP, Risma: Kurangi Gawai dan Jangan GalauTrinityharbor.com

Usia SMP merupakan masa peralihan dimana anak-anak tumbuh menjadi remaja. Risma sadar bahwa di usia ini lah rawan terjadi kenakalan remaja. Oleh karena itu, ia berpesan kepada murid-murid tersebut agar selalu mengomunikasikan masalah kepada konselor agar tidak menyalurkannya kepada hal-hal negatif. "Kalian sudah besar anak-anakku, kalian sudah SMP. Jika kalian ada masalah, bisa ceritakan ke Guru BK (Bimbingan Konseling). Guru kalian pasti akan membantu mencarikan solusi," tuturnya.

Baca Juga: Tuduhan UMKM Dolly Fiktif, Risma: Suruh Ngomong ke Saya

3. Praktik langsung memberikan konseling

Beri Motivasi Siswa SMP, Risma: Kurangi Gawai dan Jangan Galaulifespringcounseling.net

Tak hanya memberi motivasi dan pencerahan kepada para pelajar, Risma juga berinteraksi langsung dengan mereka. Beberapa pelajar pun kemudian diberikan bimbingan konseling langsung bersama para konselor. Ia meminta agar mereka tidak pernah lari dalam menghadapi sebuah masalah. “Kalian harus terus berjuang, jadi jangan pernah lari kalau ada masalah anak-anakku. Kenapa, karena tuhan pasti mendengar itu semua dan mengetahui itu semua. Dan setiap masalah pasti ada solusinya," pungkasnya.

Baca Juga: Demi Anak-anak Surabaya, Risma: Bunuh Saya Biar Selesai

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya