Comscore Tracker

Ignasius Jonan Dapat Gelar Honoris Causa dari Unair 

Jonan aktif dan membanggakan sebagai alumnus Unair

Surabaya, IDN Times - Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen PT Anabatic Tbk, Ignasius Jonan menerima gelar kehormatan doktor honoris causa dari Universitas Airlangga. Gelar ini diberikan atas kinerja dan kontribusi Jonan selama menjadi Direktur PT Kereta Api Indonesia hingga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

1. Unair beri gelar kehormatan kepada Ignasius Jonan

Ignasius Jonan Dapat Gelar Honoris Causa dari Unair Rektor Unair, Prof M. Nasih (dok. Humas Unair)

Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih SE., MT., Ak., menuturkan, Jonan dinilai layak mendapatkan gelar kehormatan dari Unair lantaran telah menunjukkan kepemimpinan, kemampuan manajerial, dan berbagai macam prestasi di tingkat nasional secara baik. Hal ini dilihat dari kiprah Jonan sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Menteri Perhubungan, hingga Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Sebenarnya, proses pertimbangan untuk memberikan gelar kehormatan (doktor honoris causa) telah berlangsung sejak 4-5 tahun yang lalu. Awal pandemi sebenarnya mau dikukuhkan, tapi enggak jadi-jadi sampai sekarang,” ujarnya, Selasa (23/11/2021).

2. Jonan adalah alumnus Unair yang aktif berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa

Ignasius Jonan Dapat Gelar Honoris Causa dari Unair IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Untuk memutuskan pemberian gelar kehormatan ini, Unair membentuk tim ad hoc termasuk menunjuk promotor dalam penyusunan disertasi yang kelayakannya diuji. Dari berbagai proses tersebut, Nasih menyebutkan bahwa upaya pemberian gelar bagi Jonan dinilai lebih mudah lantaran Jonan merupakan alumnus Unair yang juga termasuk salah satu anggota Majelis Wali Amanat (MWA) dan terkenal aktif di kalangan alumni.

“Kita tahu track record-nya sejak awal. Beliau lulus dengan IPK dan memiliki pekerjaan yang bagus, orangnya baik, guru-gurunya juga mengatakan demikian,” tutur Nasih.

Baca Juga: Belum 2 Bulan, Ignasius Jonan Mundur dari Komisaris Sido Muncul

3. Sampaikan orasi mengenai Good Corporate Governance (GCG)

Ignasius Jonan Dapat Gelar Honoris Causa dari Unair IDN Times/Hana Adi Perdana

Dalam proses pengukuhan tersebut, Jonan menyampaikan orasi berjudul Peran Kepemimpinan Transformasional Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance (GCG) di BUMN. Selain itu, ia juga menerangkan berbagai prestasinya selama bekerja di pemerintahan dan prinsip-prinsip mengenai kepemimpinan yang dianutnya seperti perlunya kerja keras, memperlakukan anak buah dengan manusiawi, dan melakukan transformasi tanpa mengeluh.

“Kemudian, ada tiga hal penting yang harus kita lakukan dalam pemerintahan, yakni ESG atau environmental, social, dan governance,” sebut Jonan.

Beberapa tokoh yang hadir dalam prosesi ini yaitu Ketua Majelis Wali Amanat Prof. Dr. Mohammad Hatta Ali, SH, MH; Irjen Kementerian ESDM Prof. Akhmad Syakhroza, Ph.D; Menteri Ketenagakerjaan Indonesia ke-26 Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag, M.Si; Komisaris Utama PT PGN Tbk. Ir. Arcandra Tahar, MSc, PhD; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Indonesia ke-6 Eko Putro Sandjojo, BSEE, MBA; Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia ke-17 Dr. H. Asman Abnur SE., M.Si.

Baca Juga: 10 Momen Pemberkatan Nikah Monica Jonan Putri Ignasius Jonan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya