Gunakan Teknik Ranjau, Jaringan Narkoba Ini Jangkau Tiga Kota 

Ditemukan 200 ribu butir karnopen di rumahnya

Kediri, IDN Times - Peredaran narkoba jaringan tiga kota, Mojokerto-Kediri-Tulungagung, berhasil dihentikan oleh oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur. Menurut keterangan Kepala Bidang Pemberantasan, AKBP Wisnu Chandra, jaringan tersebut sudah berjalan lama. "Pantauan kita sudah selama 6 bulan. Tapi pengendali sudah cukup lama main dengan anak buah yang lain," terangnya ketika dihubungi IDN Times, Sabtu (15/9).

1. Menggunakan teknik ranjau

Gunakan Teknik Ranjau, Jaringan Narkoba Ini Jangkau Tiga Kota Dok. IDN Times/Istimewa

Wisnu menerangkan, pihaknya mendapatkan informasi akan dilakukan transaksi jual beli narkoba di Kota Kediri yang selanjutnya akan dikirim ke Kabupaten Tulungagung pada Rabu (12/9). Saat tim Opsnal Bidang Pemberantasan tiba di lokasi, pelaku rupanya berhenti di sebuah tempat gelap dan meletakkan sesuatu. "Barangnya lalu ditinggal. Indikasinya menggunakan teknik ranjau," terangnya.

Wisnu melanjutkan, setelah pelaku meninggalkan lokasi, tim Opsnal Pemberantasan dibagi dua untuk memantau paket tersebut dan mengikuti pelaku. Beberapa saat kemudian datang orang yang berbeda dan menghampiri lokasi penaruhan paket. Lelaki itu pun terlihat celingukan mencari sesuatu. "Saat dilakukan penangkapan, ternyata ia mengambil paket yang berisi narkotika jenis sabu-sabu," lanjut Wisnu.

2. Ditemukan 200 ribu butir narkotika

Gunakan Teknik Ranjau, Jaringan Narkoba Ini Jangkau Tiga Kota Dok.IDN Times/Istimewa

Pelaku yang sebelumnya sudah dibuntuti oleh tim BNNP pun akhirnya dibekuk di rumahnya. Dari penangkapan pelaku, ditemukan narkotika jenis sabu-sabu dan pil karnopen sebanyak 200 ribu butir. "Selanjutnya seluruh tersangka dan barang bukti dibawa menuju kantor BNNK Kabupaten Kediri untuk proses penyidikan lebih lanjut dengan persangkaan pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1), UU RI no. 35 tahun 2009 tentang Narkotika," lanjutnya.

3. Merupakan jaringan lapas

Gunakan Teknik Ranjau, Jaringan Narkoba Ini Jangkau Tiga Kota penningtonsheriff.org

Wisnu menerangkan bahwa jaringan tiga kota ini merupakan sub jaringan lapas Madiun. Transaksi yang dilaksanakan di luar lapas dikendalikan oleh narapidana. "Saat ini untuk identitas dan lokasi sudah kami kantongi. Penemuan kasus ini merupakan kerja sama dengan BNNK Kabupaten Kediri," pungkasnya.
 

Baca Juga: Kapolres Kediri Diganti Polisi Penggendong Anak Bomber Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya