Comscore Tracker

Besok, Vaksinasi Warga Surabaya Digelar di Lapangan Thor

Hanya bagi warga penerima undangan di tiga kecamatan

Surabaya, IDN Times - Di tengah habisnya persediaan vaksin, Komando Armada (Koarmada) II bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar vaksinasi massal pada Kamis dan Jumat (29-30/7/2021). Vaksinasi ini menyasar warga yang tinggal di Kecamatan Wonokromo, Kecamatan Sawahan, dan Kecamatan Dukuh Pakis.

1. Pemkot Surabaya bisa gelar vaksinasi saat vaksin habis

Besok, Vaksinasi Warga Surabaya Digelar di Lapangan ThorWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. IDN Times/Istimewa

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan,  kolaborasi vaksinasi ini menjadi solusi saat persediaan vaksin COVID-19 bagi masyarakat umum dan anak-anak sedang habis. Koarmada II yang mendapatkan jatah dari Panglima TNI pun bisa menyalurkannya ke warga Kota Surabaya dengan menggandeng Pemkot Surabaya.

"Kami hanya menyediakan tempat saja dan nakesnya, semua dilakukan oleh Pangkoarmada II dengan jajarannya. Sekali lagi saya mengucapkan banyak terimakasih. Semoga ini menjadi awal langkah kita untuk mencapai herd immunity di Kota Surabaya," ujarnya, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Upayakan Herd Immunity, Vaksinasi Massal di Surabaya Terus Digeber

2. Vaksinasi hanya untuk warga yang diundang

Besok, Vaksinasi Warga Surabaya Digelar di Lapangan ThorPanglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han). Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han) menyebutkan, vaksinasi ini akan dilaksanakan di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor Surabaya. Berbeda dengan vaksinasi massal di Gelora 10 November yang bebas diakses siapa pun, vaksinasi kali ini menggunakan sistem undangan di kecamatan yang telah terpilih agar bisa menghindari kerumunan.

"Untuk sasaran peserta vaksinnya nanti warga yang berasal dari Kecamatan Wonokromo, Kecamatan Sawahan, dan Kecamatan Dukuh Pakis. Vaksin ini akan digelar selama 2 hari dengan target warga dari Kecamatan Wonokromo sebanyak 17.500, dari Kecamatan Sawahan 5 ribu, dan dari Kecamatan Dukuh Pakis juga 5 ribu warga. Mari kita bersama-sama datang berduyun-duyun khususnya warga dari 3 kecamatan ini," tuturnya.

3. Digelar di Gelora Pancasila dan Lapangan Thor

Besok, Vaksinasi Warga Surabaya Digelar di Lapangan ThorIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Iwan menerangkan, Gelora Pancasila dipilih menjadi lokasi vaksinasi sebagai simbol kebanggaan arek-arek Suroboyo selain Gelora Tambaksari Surabaya. Pada kesempatan tersebut, Pemkot juga ingin mengenalkan salah satu fasilitas olahraga, yaitu Lapangan Thor yang bisa dijadikan tempat untuk sepakbola dan olahraga atletik.

"Kami menggandeng unsur-unsur dan satuan-satuan samping dengan melibatkan Lantamal V, Kodiklatal, Yonkes Marinir, Stikes Universitas Hang Tuah Surabaya, Rumah Sakit Ewa Pangalila, dan didukung penuh oleh Pemkot Surabaya. Kami melibatkan 406 tenaga kesehatan (nakes) yang terdiri dari 106 dari Angkatan Laut dan sekitar 300 nakes dari Dinkes Surabaya," ungkapnya.

Baca Juga: Sabar! Vaksin COVID-19 untuk Masyarakat Umum di Surabaya Habis

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya